Gambar 1. Sumber : huffingtonpost.com

DeveNews.Com – Jakarta. Di Amerika, setidaknya 1 dari 3 orang mengalami gangguan tidur, salah satu penyebab yang paling umum adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Tidak hanya itu, banyak sekali gangguan-gangguan tidur lainnya yang kerap kali kita alami, seperti insomnia, mendengkur hingga mimpi buruk. Lalu,bagaimana cara untuk mengatasi gangguan ini agar tidur semakin berkualitas ?

The answer could be your daily diet including foods and drinks. Menurut Dr. Ana Krieger selaku direktur dari Center for Sleep Medicine di New York, makanan dan minuman merupakan sumber utama asupan gizi sehari-hari, sehingga kedua hal tersebut berperan penting dalam pembentukan neurotransmitter (pemberi sinyal) untuk mengatur pola tidur seseorang. Dilansir dari laman huffingtonpost.com, perbaiki pola makanmu dengan 5 hal berikut agar tidur lebih nyenyak.

  1. Seimbangkan porsi makan agar terhindar dari mimpi buruk di malam hari

Mengkonsumsi makanan dengan jumlah protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang dapat menstabilkan level gula darah di malam hari. Maya Bach selaku ahli nutrisi berlisensi dari River North Nutrition di Chicago menyatakan bahwa gula darah yang stabil  akan membuat mood dan level energi dalam tubuh menjadi lebih baik.  Gula darah yang tidak seimbang dapat memicu berbagai kebiasaan tidur yang lazim seperti sleep walking, mengigau hingga mimpi buruk.

Gambar 1. Sumber : huffingtonpost.com

2. Konsumsi protein dengan karbohidrat akan membuatmu mudah terlelap

Sumber protein tinggi seperti daging-dagingan, kacang kedelai dan susu dapat meningkatkan level asam amino (tryptophan) dalam tubuh, dimana tryptophan merupakan komponen utama dari serotonin yang berguna untuk memberi efek relaksasi pada otak. Konsumsi protein dengan karbohidrat secara bersamaan menstimulasi produksi tryptophan sehingga kamu akan semakin mudah terlelap.

Gambar 2. Sumber : huffingtonpost.com

3.Perbanyak minum air putih untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur

Mendengkur merupakan salah satu gangguan tidur yang mayoritas dialami orang dewasa di dunia. Menurut Georgia Giannaopoulos selaku ahli nutrisi dari Be Healthy Presbyterian Hospitan New York, penyebab utama seseorang mendengkur adalah dehidrasi. “Mengkonsumsi air putih secara rutin setiap harinya akan sangat membantu dalam mengurangi frekuensi mendengkur pada seseorang. You can also keep a glass of water at your bedside as a reminder to start hydrating when you wake up in the morning.”

4. Hindari konsumsi alkohol sebelum tidur

Meminum alkohol memang akan membuatmu mengantuk, tapi kamu akan terlelap dengan kualitas tidur yang rendah sepanjang malam. Banyak orang berpendapat bahwa dengan meminum alkohol mereka akan mudah terlelap. Sayangnya, alkohol memiliki banyak efek samping seperti membuat otot tegang yang dapat berujung pada dengkuran, hingga mengakibatkan sleep apnea atau gangguan kimiawi didalam tubuh ketika tidur. Oleh karena itu saat bangun di pagi hari setelah meminum alkohol di malam harinya, tubuh hanya akan terasa semakin lelah dan pusing.

Gambar 4. Sumber : huffingtonpost.com

5. Hindari makan berat di malam hari untuk mencegah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi tidak nyaman (seperti terbakar) pada kerongkongan ketika asam lambung naik. Menurut Dr. Krieger, mengkonsumsi makanan ringan di malam hari dapat menurunkan resiko GERD dan kembung. “GERD happens when we consume too much food at one meal. Jika kamu merasa lapar sebelum tidur, konsumsi makanan dengan kandungan asam rendah dan kaya protein seperti dada ayam, ikan dan juga sayuran hijau.”

Gambar 5. Sumber : huffingtonpost.com

Yuk atasi gangguan tidurmu !

[Bella Setiawati]