Sumber : london.gov.u

DeveNews.com- Jakarta.  Akhir tahun sudah dekat, sebentar lagi menjelang pergantian tahun baru yang biasanya ramai dirayakan bersama keluarga atau teman dan kerabat. Penasaran bagaimana negara-negara lain heboh merayakan pergantian tahun? Berikut ini dilansir dari Reader’s Digest,  beberapa negara di dunia yang memiliki tradisi unik saat merayakan tahun baru.

Denmark

Sumber : .dyh.com

Negara di Eropa ini memiliki tradisi unik dalam merayakan tahun baru. Menjelang detik-detik pergantian tahun, masyarakat Denmark akan melempar barang pecah belah seperti piring dan gelas ke pintu keluarga atau teman mereka. Tradisi ini dipercaya dilakukan untuk menghalau kekuatan spiritual yang dapat berdampak buruk bagi penghuni rumah tersebut. Selain memecahkan barang-barang pecah belah, masyarakat Denmark juga akan naik ke atas meja atau kursi, dan tepat pada jam 12 malam mereka akan loncat ke ‘Tahun Baru’ tersebut. Namun tentunya biasa mereka hanya loncat dari kursi atau meja, karena memilih tempat yang terlalu tinggi pun dapat melukai diri sendiri.

Thailand

Sumber : i2-prod.coventrytelegraph.net

Berbeda dengan tradisi di negara lain yang heboh merayakan tahun baru di tanggal 31 Desember, Thailand memiliki festival tahun baru sendiri yang dikenal dengan nama Songkran. Festival ini berlangsung pada tanggal 13 April hingga 15 April. Saat Songkran berlangsung, masyarakat Thailand biasanya asik ‘main air’ di jalan, sehingga sebaiknya Anda bersiap untuk basah kuyup akibat perang air di setiap sudut jalan. Tradisi siram air ini dapat dilakukan dengan benar-benar menyiramkan air dari ember, atau menggunakan pistol air mainan dan sebagainya. Menurut kepercayaan masyarakat Thailand, menyiram air dianggap sebagai penghormatan bagi seseorang, dan dilakukan untuk membuang nasib buruk dari orang tersebut.

Afrika Selatan

Sumber : i.dailymail.co.uk

Tradisi unik di negara ini saat tahun baru adalah melempar furnitur atau benda-benda tidak terpakai lainnya dari jendela. Walaupun tradisi ini tidak dilakukan oleh semua daerah di Afrika Selatan, namun kepercayaannya dengan membuang benda-benda yang sudah tidak lagi terpakai saat pergantian tahun, berarti Anda sudah siap untuk membuang masa lalu yang kurang baik dan siap menyongsong hidup di tahun yang baru.

Skotlandia

Sumber : static1.squarespace.com

Di Isle of Man, Skotlandia, keberuntungan di tahun baru dipercaya dibawa oleh orang pertama yang mengetuk pintu rumah mereka saat awal tahun. ‘Orang baik’ yang menjadi tamu perdana ini biasanya akan membawa hadiah berupa makanan serta mengucapkan berkat bagi rumah yang dikunjunginya tersebut. Dengan cara ini, orang yang rumahnya didatangi akan mendapat berkat selama setahun penuh ke depan.

Ekuador

Sumber : wadezig.com

Di Ekuador, masyarakat merayakan festival bernama Los Anos Viejos. Orang-orang ramai membuat boneka jerami berbentuk seperti scarecrow dalam berbagai ukuran, dan saat tengah malam tiba boneka-boneka tersebut akan dibakar dengan ritual api unggun. Pembakaran boneka ini dipercaya dilakukan untuk membuang energi negatif serta roh jahat yang telah mengikuti sepanjang tahun sebelumnya.

Beragam dan unik ya Guys!! []Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya