Sumber : Reader’s Digest

DeveNews.com-Jakarta.  Berencana mau menjual rumah, pemilik pasti langsung disibukkan dengan membersihkan seluruh ruangan, perabotan, hingga sudut-sudutnya. Ternyata, cukup dengan memilih warna cat yang tepat, rumah Anda pasti akan lebih cepat terjual!

Menurut survey yang dilakukan terhadap 30 ribu rumah oleh website Zillow, rumah yang dicat dengan warna biru muda memiliki kemungkinan untuk terjual lebih tinggi dibandingkan dengan warna lain.

Dilansir dari Reader’s Digest , biru muda memiliki asosiasi dengan jiwa dan pikiran yang tenang, sehingga secara tidak langsung menimbulkan perasaan nyaman saat berada di dalamnya. Hal ini menimbulkan efek betah kepada calon pembeli yang masuk ke dalam rumah tersebut.

Tidak hanya lebih cepat terjual, Zillow juga menemukan fakta bahwa isi rumah yang dicat dengan warna biru ikut berpengaruh terhadap harga jual rumah tersebut. Salah satu bagian yang paling berpengaruh adalah kamar mandi. Survey dari rumah yang kamar mandinya dicat dengan warna biru muda berhasil dijual Rp 60 juta lebih tinggi dibandingkan rumah lain!

Selain kamar mandi, dinding kamar tidur yang dicat dengan warna biru muda juga jadi favorit para calon pembeli. Mereka rela merogoh kocek hingga Rp 20 juta setelah melihat cat warna biru muda segar di ruangan tidur, terutama mereka yang memiliki anak laki-laki.

Kebalikannya, jika biru adalah warna yang populer bagi calon pembeli, hitam adalah warna yang paling tidak diminati. Jika cat hitam hanya menghiasi salah satu bagian dalam rumah seperti dapur atau ruang tamu, tidak menjadi masalah. Namun calon pembeli akan mundur jika mendapati seluruh isi rumah dicat dengan warna gelap seperti hitam dan coklat.

Dominasi warna terlalu gelap di rumah menimbulkan efek perasaan kurang nyaman dan agak mengerikan sehingga calon pembeli cenderung langsung mundur. Salah satu ruangan yang paling tidak diminati berwarna gelap adalah kamar tidur.

Maka itu, bagi Anda peminat warna gelap di dalam rumah, sebaiknya berpikir untuk sedikit mendekorasi ulang sebelum memasarkan rumah Anda. Pemilihan warna yang lebih mainstream sudah terbukti dapat membuat pasaran rumah Anda lebih tinggi dan lebih cepat terjual.[][Donna]]