Sumber : CNN

DeveNews.cpm- AS Senang dengan suasana tenang – bahkan sangat tenang – sampai tidak ada sedikitpun suara terdengar? Dilansir dari CNN, kantor pusat Microsoft di Washington ternyata memiliki anechoic room, ruangan di mana tidak akan ada satupun suara yang terdengar oleh manusia.

Mendapatkan ketenangan sesekali memang dapat membuat hidup lebih damai. Namun ternyata ruangan bebas suara ini justru ‘dapat membuat orang gila dan tidak betah dalam hitungan detik.’ Juru bicara Microsoft menyatakan bahwa biasanya orang yang masuk ke dalam ruangan ini hanya bertahan selama beberapa detik, walaupun pernah ada orang bertahan selama maksimal 1 jam.

“Tujuan utama ruangan ini untuk meyakinkan lingkungan yang dapat sepenuhnya terkontrol secara akustik. Ini dibutuhkan untuk membuat pengembangan teknologi audio di produk Microsoft berjalan dengan sempurna, terutama saat sesi pengujian,” ujarnya.

Dan walaupun ruangan ini beberapa kali sudah dimasuki oleh karyawan-karyawan Microsoft, sebenarnya ruangan ini tidak dibuka untuk publik. Desain ruangan ini juga dapat dibilang sangat unik, dan hanya ada sebuah meja dan satu komputer di dalamnya.

Menurut penjelasan Microsoft, pengukuran desibel dalam ruangan ini mencapai tingkat terendah hingga -20.35 dBA, sangat jauh dari kemampuan pendengaran manusia yang ada di angka 0 desibel. Dan karena ambien suara di ruangan ini sangat rendah, di dalam ruangan ini Anda dapat mendengar suara-suara yang biasanya tidak akan terdengar dalam kondisi normal – misalnya suara aliran darah di dekat telinga, dan nafas Anda pun akan terdengar sangat jelas.

Tidak ada manusia yang pernah mengalami kesunyian serendah ini, sehingga reaksi kebanyakan orang pun tidak akan bertahan lama di dalamnya. Pada dasarnya manusia sejak lahir sudah terbiasa mendengar keramaian dan stimulasi suara di sekitarnya, sehingga kesunyian akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, berhubung Microsoft tidak membuka ruang ini untuk publik, Anda bisa mencoba berkunjung ke tempat tersepi dunia urutan kedua – ruang anechoic di Laboratorium Orfield, Minnesota, AS. Walaupun tidak se-sunyi ruang anechoic di Microsoft, ruangan di Orfield ini cukup sunyi dengan ukuran desibel -13 dBA.

Sebelum ruang anechoic Microsoft dibuat, ruang Orfield ini menempati urutan pertama dalam survey tempat tersunyi versi Guinness World of Records. [][Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya