DeveNews.Com – Banten. Pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk perkembangan anak-anak. Agar sebuah negara dapat maju, maka para generasi mudanya juga harus terdidik dengan baik. Sayangnya, beberapa daerah di Indonesia masih belum dapat menikmati pendidikan, salah satunya di Banten.

Faktanya, Banten merupakan salah satu daerah yang cukup tertinggal pada bagian pendidikannya. Setiap tahunnya, terdapat 173.981 siswa SMP yang tidak melanjutkan sekolahnya. Tambahannya lagi, sebanyak 114.151 orang di Banten masih menjadi tuna aksara atau tidak bisa membaca pada tahun 2014.

Maka itu, Komunitas Gerakan Banten Mengajar mengajak Anda untuk menjadi relawan pengajar untuk anak-anak SD di Banten. Pendaftaran telah dibuka sejak 1 April 2017, dan akan ditutup tanggal 1 Mei 2017. Sebagai relawan, Anda akan diseleksi dan mendapat pelatihan terlebih dahulu sebelum mengajar anak-anak SD di Banten. Kemudian, Anda akan dikirim tanggal 1-21 Agustus 2017 ke sekolah-sekolah yang telah dipilih.

Komunitas Gerakan Banten Mengajar

Komunitas Gerakan Banten Mengajar (GBM) sudah 3 tahun berturut-turut mengirimkan relawan untuk menjadi guru di sekolah-sekolah dasar. Tahun ini, GBM angkatan ke-4 akan mengirimkan relawan ke 12 titik daerah Banten, beberapa di antaranya adalah Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Kemudian, juga akan dilakukan pembangunan pustaka desa serta beasiswa orang tua asuh dan guru berdaya.

Salah satu relawan GBM angkatan 3, Randy, menceritakan pengalaman mengajar di Banten yang sangat berbekas di hati. ”Saya tidak datang untuk mengajar saja, namun juga belajar dari mereka yang tetap bersyukur dalam keterbatasan. Mereka yang selalu bersemangat walau menempuh jarak jauh ke sekolah. Di sana saya juga merasakan langsung bagaimana kehidupan sehari-hari, entah mandi di sungai, cara bertani, atau cara makan tutut. Saya tak hanya datang untuk menyenangkan diri, tapi saya membentuk sebuah keluarga baru yang dekat di hati,” ujar Randy.

Selain mengirimkan relawan, Komunitas GBM juga telah menggalang donasi untuk pendidikan di Banten, seperti melalui penjualan merchandise yang dilakukan saat car free day (CFD) 23 April 2017. Namun, bagi Anda yang belum berkesempatan untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana ini, Anda bisa berdonasi ke rekening BRI  0393-002659-537 atas nama Banten Mengajar.

Tunggu apa lagi? Sesuai motto GBM, “Pemimpin Adalah Pendidik, Pendidik Adalah Pemimpin”, maka jadilah pendidik untuk generasi muda yang membutuhkan. Toh, ilmu Anda tak akan luntur, dan pengalaman Anda akan semakin kaya.

Jika ingin mendaftar, Anda bisa mengisi formulirnya di bit.ly/GBM-4. Sedangkan, jika ingin tahu informasi lebih lanjut, Anda bisa melihatnya di www.bantenmengajar.org atau Instagram di @banten_mengajar. Happy teaching!

By : Cynthia Li