Ciri Orang Narsis
Ilustrasi : Pexels

DeveNews.com – Ciri Orang Narsis, yang perlu diketahui. Jangan sampai kita sendiri tidak sadar bahwa ternyata kita berteman dengan orang narsis yang malah merugikan kita, atau bahkan kita sendiri bisa menjadi orang yang narsis dan tanpa sadar merugikan orang lain. Untuk itu, yuk kenal ciri orang narsis .

Bagaimana narsisis memperlakukan teman mereka? Narsisis adalah orang yang merasa tidak aman yang berkembang di atas rasa tidak aman orang lain. Ada yang namanya Narcistic Personality Disorder (NPD) , dimana Personality ini membuat orang menjadi egois, ingin menjadi sorotan dan menuntut . Seorang narsisis memiliki keterikatan patologis dengan citra diri idealis yang mereka ciptakan. Seorang teman narsisis cenderung meremehkan seseorang di depan orang lain, menggertak , dan mengolok-olok seseorang untuk menarik perhatian. Mereka selalu menuntut lebih, memanfaatkan orang lain untuk keuntungan diri mereka, dan tidak pernah melewatkan kesempatan untuk memanipulasi .

Mengenali dan memahami Sifat dan Ciri orang Narsis ini dapat terbukti menjadi alat yang berguna untuk memiliki hubungan yang lebih sehat. Ini juga dapat membantu mengevaluasi apakah mereka cocok dengan hidup kita.

Seperti yang dilansir dari Mom Junction, berikut ciri-ciri orang Narsis dan Perhatikan tanda-tanda teman yang narsis.

1. Mereka menggertak

Seorang narsisis menderita kompleks superioritas. Mereka tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan tentang siapa pun, bahkan teman-teman mereka sendiri. Jika mereka berbicara buruk tentang orang-orang yang baik kepada mereka, yakinlah bahwa mereka pasti berbicara buruk tentang kalian juga. Seorang narsisis menuntut kesetiaan kamu tetapi tidak berpikir untuk mengkhianati kepercayaanmu.

2. Merasa dunia berputar di sekitar diri mereka

Untuk seorang narsisis, seluruh dunia berputar di sekitar mereka. Jadi, jika mereka melakukan sesuatu untuk kamu, mereka mengharapkan kamu untuk menunjukkan rasa terima kasih dengan melakukan sesuatu sebagai balasannya, dan jika tidak melakukannya, mereka akan marah karenanya. Misalnya, jika mereka menemanimu ke suatu tempat, mereka akan mengharapkanmu untuk siap membantu karena mereka berusaha keras untuk berada di sana untukmu juga. Mereka ingin menjadi satu-satunya objek perhatian dan kekaguman.

3. Mereka menyalahkanmu atas kesalahan mereka

Apa pun yang salah dengan mereka disalahkan pada kamu karena mereka pikir mereka tidak akan pernah salah. Mereka memiliki ide-ide muluk untuk menjadi sempurna dan menangkis kesalahan untuk mempertahankan fasad kesempurnaan mereka. Mereka juga membutuhkan kambing hitam untuk menyalahkan dan biasanya memilih orang yang paling terikat secara emosional dan setia kepada mereka.

4. Mereka tidak bisa mencerna kritik

Narsisis sangat selaras dengan kritik dan ancaman yang dirasakan. Sebagai seorang teman, jika kamu mencoba mengoreksi seorang narsisis, mereka mungkin akan marah dan bahkan menuduhmu mencoba menjatuhkannya.

5. Mereka melihat kekuranganmu

Ketika menjadi teman, mereka pasti mengatakan hal-hal hebat tentangmu. Tapi sekarang, yang mereka lakukan hanyalah mengkritik setiap hal yang kamu lakukan. Awalnya, mereka berperilaku baik karena mereka ingin dianggap baik Mereka akan berusaha keras untuk mendapatkan persetujuan dan pemujaan kamu tetapi begitu mereka telah membuat tempat untuk diri mereka sendiri dalam hidupmu mereka mulai mengendalikan  dengan memanipulasi.

6. Mereka mengharapkanmu untuk melihat sesuatu dari sudut pandang mereka

Seorang narsisis hanya memiliki satu perspektif, dan itu adalah perspektif mereka sendiri. Tidak peduli seberapa banyak kamu mencoba membuat mereka memahami sisi ceritamu mereka hanya akan diyakinkan tentang apa yang diyakini dan mengharapkan orang untuk mengikuti hal yang sama. Mereka ingin semuanya sesuai dengan keinginan mereka, dan ketika kamu tidak menyerah, mereka marah . Mereka terkejut dan terhina ketika mereka menyadari bahwa kamu mungkin tidak menginginkan hal yang sama seperti mereka.

7. Mereka menguras energi

Awalnya, menghabiskan waktu dengan teman narsisis  bisa menyenangkan karena mereka berperilaku terbaik denganmu. Tapi sekarang, menemani mereka bisa menghabiskan energi. Keluhan mereka yang terus-menerus dan kurangnya minat dalam hidup  orang lain membuat percakapan menjadi berat sebelah. Mereka berbicara hanya tentang diri mereka sendiri dan memotong  setiap kali kamu mencoba untuk berbicara. Persahabatan yang baik melibatkan memberi dan menerima ide, pikiran, dan perasaan, tetapi bergaul dengan seorang narsisis membuatmu lelah alih-alih gembira. Dan kamu bisa berakhir dengan rasa kecewa yang mengganggu karena kebutuhanmu tidak terpenuhi sama sekali.

8. Mereka menciptakan masalah di antara teman-teman

Narsisis ingin menjadi pusat perhatian semua orang dan menuntut kesetiaan semua orang. Untuk ini, mereka mungkin menciptakan kesalahpahaman di antara teman-teman sehingga semua orang tetap setia hanya kepada mereka. Narsisis adalah pembohong patologis dan dapat menyebarkan desas-desus dan kebohongan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan karena mereka merasa pantas dikagumi dan karenanya akan melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

9. Mereka menghambat harga diri Anda

Seorang narsisis ingin mengontrol setiap hubungan. Karena mereka menderita harga diri yang rendah, satu-satunya cara untuk mengangkat diri mereka sendiri adalah dengan meremas harga diri orang lain. Mereka sangat senang menunjukkan kekurangan seseorang. Mereka mulai dengan kritik dan kemudian perlahan-lahan beralih ke penghinaan.

10. Mereka menganggap diri mereka korban

Mereka mungkin membuat komentar sinis tentang orang lain sepanjang waktu, tetapi ketika  dibalas,  mereka akan menuduh orang lain yang menyakiti mereka. Bagi narsisis, mereka adalah korban bahkan dalam skenario yang mereka buat. Mereka memiliki dorongan yang kuat untuk menjaga orang dalam kendali mereka dan jika rasa bersalah membuat orang lain menari mengikuti irama mereka, maka mereka menggunakannya untuk keuntungan mereka.

11. Mereka marah jika orang lain tidak melakukan apa yang mereka inginkan

Kompromi tidak masuk akal bagi seorang narsisis karena mereka menginginkan segalanya sesuai keinginan mereka. Jadi, ketika orang lain memiliki perbedaan, mereka ingin orang melakukan apa yang mereka sarankan atau kalau tidak orang lain harus bersiap menghadapi kemarahan mereka. Mereka percaya bahwa dirinya selalu benar dan karenanya bersikeras melakukan apa yang mereka sarankan dan langsung menolak pendapat yang lain.

Dari 11 ciri orang narsis ini, tampaknya sangat melelahkan. Ada baiknya mungkin menghindari orang-orang seperti ini atau mengambil tindak tegas.

[Darin]

Baca Juga : https://www.devenews.com/7-tanda-kamu-harus-ke-psikolog-demi-kesehatan-mental-kamu/