15 Tips Menabung Uang Harian Anda yang Bisa Anda Lakukan Terutama Saat di Masa Pandemic
Pexels.com

DeveNews.Com – Jika Anda merasa kewalahan tentang cara menghemat uang, Anda tidak sendirian. Jadi meskipun membelanjakan uang bisa dibilang lebih mengasyikkan, Anda harus mempertimbangkan menabung sebagai prioritas. Dan ada banyak tips menabung uang harian yang tidak melibatkan begitu banyak ‘pengorbanan’.

Terkadang cara terbaik untuk mulai menabung adalah dengan menjadi lebih sadar akan keuangan dan kebiasaan belanja Anda. Dengan pemahaman tentang anggaran dan kebutuhan Anda yang sebenarnya, Anda dapat mulai menyisihkan lebih banyak uang daripada yang Anda harapkan.

  1. Buat Anggaran

Tempat pertama untuk memulai ketika mencoba menabung adalah menilai berapa banyak yang sebenarnya Anda miliki dan untuk apa uang tersebut digunakan. Meskipun tidak ada aturan baku karena sesuai dengan kondisi uang masing-masing, mungkin anda bisa memulai dengan aturan 50/20/30 yang menyatakan bahwa lima puluh persen dari pendapatan Anda harus digunakan untuk kebutuhan pokok seperti sewa dan makanan, dua puluh persen harus ditabung, dan tiga puluh persen harus digunakan untuk pengeluaran pribadi.

  1. Simpan Secara Otomatis

Jika Anda harus mentransfer uang secara manual ke rekening Anda, kemungkinan besar Anda akan mengabaikan menabung sama sekali. Cobalah agar sebagian dari gaji Anda secara otomatis disimpan ke rekening tabungan agar Anda tetap berkontribusi secara konsisten.

  1. Bangun Dana Darurat

Beberapa ahli menyarankan untuk menyisihkan biaya hidup selama enam bulan jika terjadi keadaan darurat. Ini membantu Anda menghindari hutang jika Anda pernah kehilangan pekerjaan atau harus membayar biaya pengobatan yang tidak terduga.

  1. Lacak Pengeluaran Anda

Anda mungkin kaget tentang ke mana perginya uang Anda. Catat apa yang Anda belanjakan untuk melihat bagaimana jumlah pengeluaran kecil. Anda mungkin tidak berpikir bahwa kopi sesekali mengurangi tabungan Anda, tetapi melihat jumlah pembelian yang dilakukan selama ini Anda dapat berubah pikiran.

  1. Hindari Hutang

Lunasi kartu Anda setiap bulan agar utang Anda tidak menumpuk. Jika memungkinkan, pertama-tama hindari berhutang dengan membelanjakan sesuai batas Anda dan menyimpan kartu kredit Anda di rumah. Dengan tabungan yang terkumpul, Anda tidak perlu memasukkan biaya tak terduga ke dalam kartu.

  1. Buat Rencana

Salah satu tips menabung uang harian yaitu dengan Pecah tujuan jangka panjang Anda menjadi pencapaian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola untuk bulan dan tahun tersebut. Dengan gambaran tentang apa yang perlu Anda lakukan dalam jangka pendek, Anda dapat merencanakan berapa banyak yang perlu Anda hemat, dan menetapkan batasan yang tepat untuk anggaran yang tidak penting.

  1. Gunakan Aturan 30 Hari

Saat Anda ingin melakukan pembelian dalam jumlah besar, pikirkan dulu. Tuliskan apa itu dan berapa biayanya, dan jika setelah 30 hari Anda masih merasa perlu, belilah.

  1. Pertimbangkan Membiayai Kembali Hipotek Anda

Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat menghemat uang dari waktu ke waktu dengan mengubah tingkat hipotek Anda. Ingatlah untuk berbicara dengan penasihat keuangan sebelum menandatangani kontrak keuangan sebesar apa pun.

  1. Buat Tujuan Menabung untuk Pensiun

Beberapa ahli menyarankan untuk menabung lima belas persen dari pendapatan Anda setiap tahun untuk masa pensiun. Tentukan berapa banyak yang Anda butuhkan dan uraikan dalam beberapa dekade untuk memastikan Anda mencapai tujuan dari waktu ke waktu.

  1. Rawat Rumah dan Mobil Anda

Jaga rumah Anda dalam kondisi yang baik dan lakukan perawatan rutin pada mobil Anda untuk melindungi nilai aset Anda. Menghemat uang dengan melewatkan atau melakukan perbaikan murah kemungkinan besar tidak akan bermanfaat dalam jangka panjang.

  1. Berinvestasi dalam Kualitas

Pikirkan tentang menghabiskan lebih banyak uang untuk hal-hal yang akan bertahan lebih lama. Misalnya, membeli beberapa pakaian berkualitas lebih tinggi,jadi Anda tidak perlu membeli yang baru untuk waktu yang lama.

  1. Mulailah Menabung untuk Kuliah Lebih Awal

Jika Anda tahu Anda akan segera membayar biaya kuliah, beberapa orang menyarankan untuk membuat akun khusus untuk pengeluaran ini segera setelah anak Anda lahir. Bahkan ada rekening yang dirancang khusus untuk menghemat biaya pendidikan Rekening Tabungan Perguruan Tinggi.

  1. Kontribusi Tabungan Pensiun

Jika pekerjaan Anda sesuai dengan kontribusi untuk tabungan pensiun Anda hingga persentase tertentu dari gaji Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk memberikan kontribusi yang cukup untuk memaksimalkan manfaat yang sesuai

  1. Konsolidasi Hutang

Bicaralah dengan penasihat keuangan tentang pilihan Anda terkait hutang Anda. Anda mungkin menemukan bahwa menggabungkan beberapa pembayaran dengan bunga tinggi menjadi satu pembayaran dengan bunga lebih rendah adalah strategi pengelolaan hutang yang efektif.

  1. Pertimbangkan Akun dan Ekuitas

Anda harus selalu meneliti pilihan Anda secara menyeluruh atau berbicara dengan penasihat keuangan sebelum melakukan langkah investasi yang berisiko. Anda mungkin ingin mengetahui akun tertentu yang mendapatkan bunga atas uang Anda melalui ekuitas. Meskipun hal-hal seperti saham, reksa dana, dan Sertifikat Deposito seharusnya bukan satu-satunya bentuk tabungan Anda, mereka dapat memberikan pengembalian yang menarik atas investasi Anda dari waktu ke waktu.

Anda harus mempertimbangkan strategi jangka panjang seperti membayar hutang, dan taktik jangka pendek. Apakah Anda ingin mulai menabung untuk masa depan atau hanya ingin menjadi cerdas secara finansial saat ini, ada banyak alasan mengapa Anda mungkin kesulitan dalam menabung.

[Katie]