DeveNews.com – Jakarta. Untuk menandai ulang tahun ke-20 Harry Potter, sebuah media memunculkan 20 Fakta Tentang Penyihir Anak Terpopuler “Harry Potter” . Berikut Faktanya

1. Serial ini telah terjual 500 juta kopi di seluruh dunia; 180 juta di AS saja.

2. Cetakan hardcover pertama “Sorcerer’s Stone” oleh Gramedia pada bulan September 1998 adalah 50.000 eksemplar. Punya edisi pertama? Biblio menjual satu (unsigned) seharga $ 2,500. (Jauh lebih mahal dan didambakan oleh kolektor: “Philosopher’s Stone,” yang hanya 500 eksemplar dicetak pada tahun 1997.)

3. Tujuh buku (tidak termasuk edisi khusus atau set kotak) telah menghabiskan gabungan 1.749 minggu di daftar Buku Terlaris di USA, dengan “Batu Bertuah” mencatat paling banyak pada 491 minggu. Setiap buku mencapai No. 1.

4. Penerbit Inggris, Rowling menyarankan pencipta Harry menggunakan nama J.K Rowling sehingga pembaca anak laki-laki tidak akan tahu dia adalah seorang wanita. (Nama aslinya adalah Joanne Rowling dan dikenal dengan Jo.)

5. Penulis Inggris berjuang sebagai ibu tunggal untuk jadi megastar yang sangat kaya dan terkenal : Pada tahun 2016, James B. Stewart di The New York Times memperkirakan nilainya ialah $ 1,2 miliar.

6. Daniel Radcliffe (yang sekarang 29) berusia 11 tahun ketika dia berperan sebagai Harry Potter di film. Harry, seorang anak yatim yang tinggal bersama kerabatnya yang mengerikan, Dursley, mengetahui pada hari ulang tahunnya yang ke-11 bahwa dia adalah seorang penyihir ketika dia menerima sepucuk surat yang mengatakan bahwa dia telah diterima di Sekolah Sihir dan Sihir Hogwarts.

7. Rowling mengatakan bahwa Hermione Granger, sahabat yang sangat penting bagi Harry Potter dan Ron Weasley, terinspirasi oleh Jo ketika dia masih seorang gadis.

8. Mary GrandPre, yang menggambarkan tampilan sesuai buku asli, berdasarkan gambar Harry yang berkacamata pada dirinya sendiri.

9. Ketika ditempatkan berdampingan, tujuh jaket hitam-putih baru Selznick membentuk satu gambar yang mencakup perjalanan lengkap Harry. Penggemar dapat memeriksa penutup Selznick untuk jimat Potter seperti waktu putar Hermione; Burung hantu Harry, Hedwig; rusa putih Patronus; dan, Nagini, ular Voldemort. (Edisi baru baru saja dirilis dalam koleksi paperback kotak khusus pada 28 Agustus)

10. Selznick mendasarkan gambarnya dari Albus Dumbledore pada Musa karya Michelangelo dan potret diri oleh Leonardo da Vinci. Veronica Lake terinspirasi visi Selznick tentang Fleur Delacour.

11. Penggemar Potter senang dengan nama dan istilah yang membantu membuat dunia sihir begitu menyenangkan. Di antara penemuan-penemuan Rowling: Quidditch, untuk permainan sapu terbang-seperti sapu yang diunggulkan Harry, dan Horcrux, benda-benda yang memainkan peran penting dalam pertempuran terakhir antara Harry dan musuh bebuyutannya, Voldemort, yang membunuh orangtuanya.

12. Tidak semua orang menyukai Harry Potter: Novel-novel itu sering menduduki puncak daftar “Buku Paling Diburu” bagi yang berpikir bahwa mereka mempromosikan sihir.

13. Peringatan spoiler: Voldemort mengungkapkan kepada Harry bahwa nama aslinya, Tom Marvolo Riddle, adalah anagram untuk “Aku Lord Voldemort.”

14. Setelah buku ketiga Potter (“Prisoner of Azkaban”) diterbitkan, tim Skolastik memiliki kode nama internal untuk buku-buku Harry Potter untuk menjaga rahasia mereka. Dengan Buku No. 7 (“Harry Potter and the Deathly Hallows”), misalnya, mereka menggunakan MLK (karena manuskripnya tiba sekitar Martin Luther King Jr. Day).

15. Sementara pada tur buku di New York pada tahun 2007 untuk “Deathly Hallows,” Rowling mengungkapkan bahwa Dumbledore, kepala sekolah Hogwarts dan mentor Harry, adalah gay.

16. Pada April 2013, “Cuckoo’s Call,” oleh penulis misteri yang tidak diketahui bernama Robert Galbraith, diterbitkan oleh Little, Brown. Meskipun ulasan yang baik, novel detektif terjual kurang dari 1.000 eksemplar. Ketika terungkap (dengan rasa cemasnya) beberapa bulan kemudian terungkap bahwa Rowling adalah Galbraith, novel itu melesat ke No. 1 dalam daftar best-seller USA TODAY. (“Lethal White,” buku Galbraith keempat yang menampilkan Cormoran Strike, dirilis pada 18 September.)

17. Dunia sihir Rowling hidup dalam spin-off seperti taman hiburan, film “Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwald” (pada bulan November) dan Broadway “Harry Potter and the Cursed Child”, yang memenangkan Tony Award untuk permainan terbaik .

18. Belum lagi Pottermore, situs yang memperkenalkan cerita-cerita “Hogwarts” Rowling dan di mana para penggemar bisa menyelam jauh ke dalam hal-hal tentang Potter. (Jalankan Knockturn Alley dan masukkan Borgin and Burkes…)

19. Belum lagi Twitter, di mana Rowling secara teratur menjadikan berita tentang Presiden Donald Trump, Fox News dan berbagai troll (non-magis).

20. Pesan tiket Anda sekarang: “Harry Potter: A History of Magic” dibuka pada 5 Oktober di New-York Historical Society. Pameran dari British Library, yang mencakup segala sesuatu mulai dari ilustrasi asli Grandpre hingga kostum dan model yang ditetapkan dari “Cursed Child”, akan berlangsung hingga 27 Januari.[] [Yusrina Adzhani]