Menahan Gigitan Nyamuk
onedio.com

DeveNews.Com-Jakarta. Gigitan nyamuk tidak hanya menyebalkan karena menimbulkan rasa gatal, tapi juga beresiko menyebabkan berbagai macam penyakit serius seperti demam berdarah, malaria dan lain sebagainya. Dilansir dari laman medicaldialy.com, ternyata ada beberapa bahan makanan yang bisa dikonsumsi dan digunakan langsung untuk mencegah gigitannya lho. Berikut 3 makanan pencegah gigitan nyamuk!

  1. Serai

Salah satu bahan makanan yang paling umum digunakan dan ampuh mengatasi nyamuk adalah serai. Serai mengandung minyak citronella yang sangat tidak disukai nyamuk, oleh karena itu banyak produk anti nyamuk yang menggunakan ekstrak minyak tersebut sebagai bahan utamanya. Serai juga seringkali dijadikan bahan makanan dengan berbagai variasi cara untuk mengkonsumsinya, mulai dijadikan kari dan lain sebagainya.

  1. Jeruk Bali

Jeruk bali adalah salah satu buah tropis yang disukai oleh hampir semua orang. Jeruk bali mengandung komponen yang disebut nootkatone, dimana kandungan ini efektif bekerja sebagai anti nyamuk dan kutu. Tidak heran kini banyak ahli yang merekomendasikan produk dengan kandungan jeruk bali untuk mengatasi penyakit Lyme. Kamu dapat mengkonsumsi jeruk balik sebagai cemilan saat sarapan maupun sebagai hidangan penutup. Kamu juga dapat menggunakan kulitnya untuk digosokkan pada kulit agar terhindari dari gigitan nyamuk.

  1. Bawang putih

Bawang putih terbukti sangat efektif dalam mencegah gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Bawang putih mengandung allicin, yakni komponen aktif yang menyebabkan bawang putih sangat dibenci serangga. Cukup hancurkan bawang putih mentah dan usapkan pada kulit.

[Bella Setiawati]