DeveNews.Com-Jakarta. Melakukan kegiatan diluar ruangan sangat direkomendasikan terutama bagi mereka yang memiliki isu kesehatan mental. Terkena cahaya matahari sekaligus melakukan kegiataan outdoor dapat melepaskan endorfin yang mampu menghilangkan stress. Walaupun begitu, banyak yang tidak mengetahui bahwa kegiatan yang terlihat melelahkan ini dapat membawa banyak dampak baik bagi seseorang. Seth J. Gillian selaku asisten professor dari University of Pennsylvania mengungkapkan apa saja dampak positif dari berkebun pada podcast terbarunya berjudul Think Act Be. Dilansir dari laman medicaldialy.com, berikut 4 manfaat positif berkebun bagi kesehatan mental !

  1. Perkembangan dan perfeksionisme

Seth mengungkapkan bahwa dirinya seringkali kesulitan menerima kesalahan, namun dengan berkebun, dirinya dapat lebih terbuka terhadap kesalahan serta bersikap positif dengan berusaha memperbaiki alasan dibalik kesalahan tersebut. “Yeah, I like perfection and love having a good garden. As long as I have been gardening, there is no shortage of things that I cannot learn,” jelasnya. Analogi ini dapat dihubungkan dengan mereka yang menderita depresi dan memiliki kecenderungan untuk menyalahkan hidup mereka yang tidak beruntung. Dengan berkebun, individu dapat memahami cara belajar dan proses bertumbuh dari segala jenis permasalahan kehidupan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Meningkatkan fokus

Seth mengakui bahwa berkebun sangat membantu dirinya merasa tenang dan damai. Berkebun merupaka suat kegiatan ‘sakral’ bagi Seth karena dapat membantu dirinya berhenti terdistraksi dari berbagai hal. “Berkebun dapat membantu seseorang untuk lebih fokus dalam mengerjakan berbagai hal dan prioritas dalam hidup. Selain itu berkebun juga dapat membantu mengurangi intensitas emosional yang dapat berujung pada stress. Gardening is one way of perfecting the art of mindfulness.”

  1. Atasi stress

Berkebun dapat membantu atasi stress karena secara tidak langsung kita kembali kepada alam, walaupun dalam periode dan tempat yang terbatas. Menurut Seth, melihat tanaman yang tumbuh dan mekar dengan baik membawa perasaan damai bagi dirinya. Selain itu, terkena sinar matahari langsung saat berkebung juga dapat melepaskan stress.

  1. Olahraga

Bagi Seth, berkebun dapat membakar kalori serta membantunya melakukan banyak pose yoga dengan mudah. Berkebun membutuhkan seseorang untuk melakukan banyak aktivitas fisik di luar ruangan. Selain itu, Seth juga berhasil mendapatkan bentuk otot yang ideal karena sering berkebun, tanpa harus mengeluarkan ekstra biaya untuk pergi ke gym.

[Bella Setiawati]