Sumber : Luno

Devenews.com-Jakarta. Hidup sehat harus dimulai sejak dini agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Gaya hidup sehat sangat mudah untuk dilakukan. Mulai dari berlahraga, memulai makan 4 sehat 5 sempurna, menghindari junk food, hingga beristirahat yang cukup. Namun, di samping semua itu, sarapan menjadi hal penting yang wajib dilakukan di pagi hari.

Nah, bagaimana sarapan yang bergizi? Simak artikel berikut ini!

4 Menu Sarapan Yang Dapat Anda Buat Sendiri

1. Roti Gandum

Sumber : manfaat-co.id

Tahukah Anda bahwa roti gandum lebih sehat dibanding roti putih biasa? Ya, roti gandum memiliki serat yang lebih tinggi, rendah lemak, dan kolestrol. Oleh karena itu, sediakan roti gandum dirumah Anda untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat.

Untuk lebih sehat lago, Anda dapat menyajikan roti gandum dengan telur orak arik, alpukat dan telur matasapi, atau dengan keju. Lebih sehat, bukan?

2. Pancake

Sumber : goodhousekeeping.com

Anda perlu menyediakan 100 gr tepung terigu, 250 ml susu cair, 1 butir telur (kuning dan putih dipisah), garam, dan margarin.

Campur dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur, dan susu hingga merata di mixer dengan kecepatan yang rendah. kocok putih telur hingga mengeras/. Masukan adonan tepungke dalam adonan putih telur, aduk hingga merata. Panaskan teflon yang memiliki diameter paling kecil. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, lalu ditutup sebentar. Jika adonan sudah ada sedikit berpori dan mengeras pinggirnya,  kemudian dibalik.

Untuk toppingnya, Anda dapat menggunakan sirup maple, butter, dan berries.

3. Salad Buah

Sumber : satujam.com

Membuat salad buah sangat mudah dan sederhana. Tidak banyak memakan bahan maupun waktu. Anda dapat memotong kiwi, berries, apel, melon, semangka, pisang, dan buah kesukaan Anda lainnya. Kemudian, Anda dapat menambahkan yogurt dan salad buah pun siap untuk disantap!

4. Oatmeal

Sumber : -prevention.com

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum dan kaya akan serat. Oatmeal sangat berguna bagi tubuh, seperti untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi hipertensi, mencegah kanker, menurunkan kolestrol, serta menghaluskan kulit. Oatmeal dapat disajikan dengan buah. Misal seperti apel atau berries. Anda juga dapat menambahkan cinnamon atau almond sebagai topping.

Sarapan yang lezat dan sangat bergizi, bukan? Selamat mencoba![][Claudia]]