Diet
heart.org

DeveNews.Com – Jakarta. Terlalu banyak informasi dan tips menurunkan berat badan seringkali membuat kita bingung apakah opsi yang telah kita pilih untuk menjalankan diet sudah tepat atau belum. Kerap kali kita justru melakukan cara atau poladiet yang salah dan akhirnya mengganggu kesehatan kita.

You can use the knowledge from online magazines or news sites but there are small things that you might have been doing wrong due to misinformation. Sayangnya, kesalahan sekecil apapun dapat berperan besar dalam mempengaruhi berhasil atau tidaknya diet seseorang. Agar berat badan dapat terkikis dengan ideal secara sehat, dilansir dari laman medicaldialy.com, berikut beberapa mitos tentang diet yang seringkali dianggap benar, padahal salah !

  1. Karbohidrat akan menjadi lemak

Banyak orang yang mengganggap karbohidrat sebagai sumber lemak terbesar bagi tubuh, oleh karena itu tidak heran banyak yang melakukan diet karbo kini untuk menurunkan berat badan. Padahal, karbohidrat bukanlah faktor utama penyebab kenaikan berat badan. Karbo sudah menjadi bagian dari tubuh dan pola makan manusia sejak dahulu kala, bahkan sebelum epidemik obesitas terjadi. Untuk dapat berfungsi dengan baik setiap harinya, tubuh memerlukan energi yang didapatkan dari makanan berkabohidrat.

  1. Konsumsi lemak membuat badan menjadi gemuk

Kamu tidak harus selalu menghindari lemak dalam makananmu karena secara otomatis lemak yang tidah dibutuhkan akan dibuang secara sendirinya dalam tubuh. Apa yang sesungguhnya tubuh butuhkan adalah lemak baik yang berasal dari sumber makanan alami. Beberapa diet juga membuktikan bahwa konsumsi lemak baik justru berperan besar dalam membantu menurunkan berat badan.

  1. Konsumsi suplemen efektif untuk menurunkan berat badan

Banyak studi yang telah menyatakan bahwa konsumsi suplemen tidak dapat membantu penurunan berat badan dengan efektif. Selain itu, kini banyak produsen suplemen diet juga mencantumkan anjuran bahwa suplemen mereka hanyalah produk pendamping diet yang dapat terlihat hasilnya jika kita turut melakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

  1. Semua makanan “diet” efektif turunkan berat badan

Seringkali kita menemukan produsen manufaktur yang mencamtumkan embel-embel sehat pada makanan cepat sajinya. Semua makanan instan masuk dalam kategori junk food dan tidak membawa nutrisi yang tepat bagi tubuh.

[Bella Setiawati]