Ganti Kopi Dengan Air Lemon
organicallybecca.com

DeveNews.Com-Jakarta. Kopi seakan-akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat kini sehari-hari. Banyak dari kita yang mengkonsumsi kopi baik di pagi maupun siang hari untuk membantu kita tetap fokus dan segar selama beraktivitas. Menurut data dari World Atlas, setidaknya seseorang menghabiskan 4.3 kg kopi setiap tahunnya. Walaupun kopi memiliki manfaat bagi kesehatan, namun seringkali kita mengkonsumsinya secara berlebihan dan menambahkan terlalu banyak gula sehingga pencernaan dan tekanan darah terganggu.

Nah buat kamu yang ingin mencari alternatif menyehatkan selain minum kopi di pagi hari, kamu dapat mencoba air lemon ! Air lemon sendiri menjadi minuman terbanyak kedua yang dikonsumsi di dunia setiap harinya lho. Selain menjadi favorit, minuman satu ini juga membawa banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Berikut perbandingan alasan mengapa kamu harus mulai mengganti kebiasaan minum kopi dengan air lemon !

  1. Kaya akan nutrisi

Walaupun kopi dan air lemon sama-sama dapat mempercepat proses metabolisme tubuh serta menambah energi, air lemon ternyata juga mengandung vitamin dan mineral yang tidak dapat ditemukan dalam kopi. Satu buah lemon mengandung 30 sampai 50mg vitamin C yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuhmu. Selain itu lemon juga kaya akan potassium untuk menjaga sistem imun dan mencegah stress.

  1. Kopi sebabkan rasa gelisah

Kopi memang mengandung antioksidan dan dapat berfungsi sebagai anti depresi. Namun konsumsi kopi memiliki efek sampingnya sendiri, yakni memicu rasa mudah gelisah pada seseorang. Menurut Health Line, terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan kegelisahan berkepanjangan pada seseorang. Lain halnya dengan air lemon yang hanya mengandung 25mg kafein per saji, dimana jumlah ini jauh lebih rendah dibanding jumlah kafein pada setiap cangkir kopi.

  1. Gangguan sistem pencernaan

Kafein pada kopi memiliki efek layaknya pencahar, dimana kafein dapat mempercepat pelepasan hormon gastrin pada perut untuk mendorong pergerakan usus dan gerak peristaltik pada pencernaan. Oleh karena itu, kamu akan mudah merasakan perut mulas apabila mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak.

  1. Insomnia

Hati akan bekerja leih efektif pada malam hari ketika tubuh sedang beregenerasi. Konsumsi kopi yang terlalu banyak terutama di malam hari atau menjelang waktu tidur dapat mengganggu proses ini. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi air lemon sebagai pengganti kopi di malam hari karena kandungan kafeinnya yang rendah.

  1. Kerusakan otot

Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan kondisi rhabdomyolysis, yakni rusaknya jaringan otot pada pembuluh darah. However, you can drink a liter of lemon water a day if your weight matches that volume.

[Bella Setiawati]