Well, mungkin banyak dari kamu yang masih tidak tahu tentang serial ini. Apa sih Stranger Things ? Kenapa serial barat satu ini banyak dibahas dimana-mana ? Even get a lot of nominations at  Golden Globes awards ?? Perkenalan singkat, Stranger Things merupakan drama seri barat bergenre science fiction horor yang mulai tayang di Netflix pada 15 Juli 2016 silam. Dengan total 8 episode pada season pertamanya, serial ini mampu mendapat predikat sebagai salah satu must watch series di Netflix hanya dalam waktu dua minggu sejak tayang perdana, sekaligus dinobatkan sebagai Best Netflix Original Series so far.

Diciptakan oleh The Duffer Borthers, dengan mengambil latar cerita pada tahun 1983, serial ini mengisahkan petualangan empat sekawan Mike, Will, Dustin dan Lucas. Awal seri dibuka dengan insiden lenyapnya Will secara misterius dari rumahnya. Petualangan untuk mencari Will pun semakin berbahaya ketika mereka bertemu dengan gadis yang memiliki kemampuan telekinesis yang diduga memiliki hubungan dengan insiden menghilangnya Will dan adanya dunia lain yang mereka tidak sadari.

Film yang dibintangi oleh Winona Ryder, Finn Wolfhard, Millie Bobby Brown, Caleb McLaughlin dan Gaten Matarazzo ini akan segera merilis season keduanya pada musim panas tahun ini. Nah, buat kamu yang masih belum tahu dan ketinggalan hyped dari serial hits Netflix ini, dilansir dari Forbes.com, berikut 5 alasan kenapa kamu harus wajib nonton serial ini. Dijamin once you clicked on first episode, kamu tidak akan bisa menahan diri untuk tidak lanjut dan ended up binge watching it all night.

  1. Terrific sense of mystery and nostalgia

Serial ini memiliki segudang misteri yang akan terus membuat kamu bertanya-tanya dan tidak hentinya berpikir untuk menemukan benang merah dari semua insiden yang terjadi pada Mike dan kawan-kawan. Kisah dari Stranger Things sendiri memiliki alur yang hampir mirip dengan serial X Files yang sempat populer dan memiliki genre yang terbilang sama, dimana kamu akan merasa puas dengan jawaban yang terungkap ditiap episodenya, namun juga terus penasaran dan ingin menonton karena cliffhanger disetiap akhir episodenya.

Dengan latar cerita yang diambil pada tahun 1983 dan genre cerita yang kental dengan unsur-unsur 80’s movies, Stranger Things surely bring the nostalgic vibes back from the good old days  seperti dalam film-film The Goonies, E.T dan Heathers. Nostalgia juga merupakan salah satu alasan kuat kenapa serial ini mendapat nilai plus, karena serial ini mampu membawa kembali suasana tersebut dengan jalan ceritanya yang unik, sehingga menjadi salah satu serial Netflix terbaik tahun 2016 lalu.

2.Amazing casts and characters

Setiap karakter yang dimainkan oleh sederet cast yang notabene pendatang baru di serial ini patut diapresiasi. All of them have an outstanding acting. Well, tidak terkecuali Winona Ryder yang berperan sebagai Joyce Byers, ibu dari Will sebagai salah satu artis veteran dalam line up cast dari serial ini. Begitu pula dengan karakter sheriff  Jim Hopper yang diperankan oleh David Harbour

Karakter empat sekawan yang menyukai permainan Mike, Dustin, Will dan Lucas pun dimainkan dengan sangat baik oleh para cast yang rata-rata masih berumur 14 tahun ini. Terlebih dengan hadirnya karakter Eleven yang diperankan oleh Millie Bobby Brown sebagai seorang gadis dengan kekuatan telekinesis yang berhasil mendulang banyak pujian. Walaupun memiliki sedikit dialog dalam serial ini, Eleven berhasil menampilkan segala jenis ekspresi melalui raut mukanya saja untuk membuat para penonton mengerti apa yang sebetulnya karakter tersebut rasakan dalam serial ini, which is a great acting for 13 year old kid like Millie. Ditambah dengan hadirnya romansa ditengah para junior high schoolers ini, dijamin kamu akan segera menjadi Mileven alias Mike and Eleven shipper.

  1. The Soundtracks

Soundtrack resmi dari serial ini pastinya juga menjadi salah satu hal yang wajib dijadikan alasan why we will never get enough of this series. Seperti pada film-film science fiction yang tayang di tahun 80-an, soundtrack dalam serial ini juga turut menghadirkan suasana tenang namun mencekam dalam setiap alunan lagunya yang hadir mendampingi scene-scene penuh misteri dalam serial ini. Alih-alih memilih composer ternama, The Duffer Brothers memilih sebuah band rock indie, SURVIVE, dari Texas untuk mengisi soundtrack serial ini.

Mendengarkan soundtrack dari serial ini sekali lagi akan membawa kamu dalam nostalgia mode on, plus lagu-lagu jadul seperti Should I Stay or Should I Go milik The Clash yang turut diputar kembali dalam serial ini, membuat kamu semakin kangen untuk kembali memutar dan mendengar lagu lewat kaset dan Walkman.

  1. The monsters from the other side

Walaupun serial ini memiliki budget yang terbilang kecil di season 1, tapi sebagai salah satu film sciene fiction dan supernatural horor, less always means more, karena serial dengan genre ini melibatkan imajinasi kamu dibandingkan hanya menghadirkan fakta-fakta didepan layar kaca. Sangat asing rasanya jika membahas Stranger Things tanpa membawa unsur utama dalam ceritanya, yaitu kumpulan monster yang mendiami The Upside Down.

Sounds cliché, tapi harus diakui bahwa Stranger Things memiliki alur cerita yang kreatif dalam merepresentasikan monster yang berasal dari dunia lain tersebut, dibanding hanya menyajikan biasa layaknya monster yang mengejar-ngejar manusia di dunia nyata. Kamu bahkan akan dibuat penasaran bagaimana rupa monster tersebut dan bagaimana mereka datang pada awal-awal episode. Surely enough, monster adalah salah satu hal terbaik dalam serial ini selain Mileven dan Eggos.

  1. It’s only 8 episodes

Inilah salah satu alasan krusial why you should give this a shot. Dalam season pertamanya, Stranger Things hanya memiliki 8 episode saja, but get ready to get hooked up by it. Siapkan satu hari di weekend kamu untuk menonton serial ini secara marathon dan bergabung dalam petualangan mike dan kawan-kawan dalam memecahkan misteri yang terjadi seputar hilangnya Will. Dengan alur konsisten awal, tengah dan akhir, 8 episode saja sudah cukup untuk memberikan kamu segala misteri dan ketegangan dari cerita dalam serial ini. Kamu bahkan tidak perlu berlangganan TV kabel dan semacamnya karena serial ini bisa ditonton streaming secara online.

Quality over quantities, sepertinya itulah prinsip yang dipegang oleh pencipta serial ini sendiri, The Duffer Borthers. Di season kedua mendatang, Stranger Things pun dikabarkan akan tayang dengan total 9 episode saja, dimana ceritanya sendiri masih merupakan lanjutan dari season pertama dengan tambahan beberapa karakter baru dan akan mengambil latar waktu pada tahun 1984, setahun setelah insiden monster dan Upside Down terjadi. Gimana, makin penasaran kan ? siap-siap untuk langsung nonton keseruan Mike, Eleven dan kawan-kawan dalam serial ini, dan gigit jari menanti season keduanya tayang kembali di Netflix.

 

By : Claudia Fransisca