DeveNews.com – Beauty habits yang secara tidak sadar seringkali kamu lakukan. Tidak selamanya positif, beberapa beauty habits juga memiliki sisi negatif yang justru dapat menimbulkan masalah kesehatan dan berdampak buruk bagi kecantikan muka, kulit, tubuh dan rambut kamu. Contoh sederhananya adalah seringkali lupa mencuci brush makeup dan juga mengkorek-korek cat kuku untuk menghilangkannya ketimbang menggunakan nail polish remover. Kedua contoh tersebut dapat menyebabkan infeksi kulit dan merusak lapisan kuku itu sendiri. Nah di tahun 2017 ini, yuk mulai mengenal dan mengetahui apakah beauty habits yang selama ini kamu lakukan sudah benar atau belum. Dilansir dari teenvogue.com, berikut 5 beauty habits keliru yang masih sering dilakukan dan harus segera kamu buang jauh-jauh.

  1. Memecahkan jerawat

Ketika melihat jerawat besar, merah dan matang bertengger di kulit muka, kamu pasti akan sangat tergoda untuk memecahkannya. Tapi beauty habits yang satu ini malah akan membuat wajah kamu infeksi dan meninggalkan bekas. Menurut Dr. Mara Weinstein, seorang ahli kecantikan dari Schweiger, menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama timbulnya bekas jerawat adalah karena memecahkannya ketika jerawat tersebut ‘matang’, hingga kemudian menimbulkan peradangan pada kulit. Beauty habits ini sebaiknya kamu tinggalkan jauh-jauh ya, gunakan obat jerawat untuk mengempeskan jerawat secara alami agar tidak meninggalkan bekas.

Gambar 1. Sumber : fitnesskite.com

2. Memotong rambut bercabang

Kamu pasti akan risih ketika mendapati ujung rambut bercabang dan memutuskan untuk mencabut atau memotongnya. Tapi hal tersebut justru dapat memperparah kondisi rambut kamu loh. Menurut Sara Caroline, seorang penata rambut professional, memotong ujung rambut bercabang hanya akan memicu another split ends dan membuatnya menjadi rapuh, bukan mengatasinya. Lebih baik gunakan perawatan rambut khusus untuk rambut bercabang dan hindari styling berlebihan dengan alat-alat panas seperti hairdryer .

Gambar 2. Sumber : nbcnews.com

3. Terlalu sering mencuci rambut

Menurut Sara, mencuci rambut terlalu sering merupakan salah satu beauty habits yang banyak dilakukan oleh kaum hawa agar rambut terlihat indah mengembang dan tidak lepek. But it’s a no no ! Sara menyarankan agar kamu sebaiknya mencuci rambut maksimal 3 kali saja dalam seminggu. “Rambut yang lepek dan berminyak menandakan bahwa kulit kepalamu sebenarnya sedang kering sehingga tubuh memproduksi minyak alami untuk mengatasinya. Kulit kepala kering ini sendiri disebabkan terlalu seringnya kamu mencuci rambut,” jelas Sara. Sara menganjurkan untuk mencoba dry shampoo sebagai solusi terbaik agar rambut tetap sehat dan indah tanpa harus sering-sering keramas.

Gambar 3. Sumber : newhealthadvisor.com

4. Menggunakan kosmetik kadaluarsa

Hal yang mungkin jarang kamu perhatikan ketika membeli makeup adalah tanggal kecil yang tertera pada kemasan. Padahal tanggal kadaluarsa tersebut sama pentingnya untuk kamu lihat seperti pada kemasan makanan atau minuman loh. Menurut Dr . Jessie Cheung dari Dupage Dermatology, ketika kosmetik kadaluarsa, maka bahan yang terkandung didalamnya dapat menyebabkan iritasi kulit. “Sangat penting melihat tanggal kadaluarsa pada kosmetik, terutama kosmetik dengan bahan cair seperti foundation. Dalam kosmetik, terdapat bahan pengawet yang ditambahkan untuk mencegah timbulnya bakteri, namun bahan-bahan tersebut juga memiliki jangka waktu maksimal penggunaan sama seperti bahan makanan,” jelas Jessie.

Gambar 4. Sumber : ebay.com

5. Tidur menggunakan makeup

This one is a big no. Ketika kamu menggunakan makeup, secara tidak langsung kotoran, keringat, debu dan bakteri akan menempel dan terperangkap dalam wajah setelah beraktifitas seharian. Surely enough, you don’t want to sleep with those on your face. Menurut Jessie, jika tidak dibersihkan dengan menyeluruh, makeup dapat menyumbat pori-pori sehingga minyak, debu, bakteri dan polusi akan membuat kulit wajah meradang and leads to breakouts. Semalas apapun kamu, bahkan ketika kamu tidak keluar rumah seharian, kamu tetap harus membersihkan wajah setiap malam sebelum tidur ya !

Gambar 5. Sumber : facefony.com

By : Bella Setiawati

Baca Juga : https://www.devenews.com/rekomendasi-makanan-berbuka-puasa-konsumsi-makanan-ini-saat-berbuka-puasa-agar-tetap-fit/