Sumber : cnn.com

Devenews.com-Jakarta. Bencana alam merupakan salah satu momok menakutkan yang mengancam manusia selama berabad-abad hingga kini. Di Indonesia misalnya, baru saja terjadi bencana longsor mengerikan yang menyebabkan tewasnya sejumlah warga di daerah Ponorogo, Jawa Timur, beberapa hari silam. Dilansir dari laman livescience.com, Berikut 5 bencana alam paling mematikan yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia berdasarkan jumlah korban jiwa.

1. Banjir Central China

Bencana ini dinobatkan sebagai bencana terburuk sepanjang sejarah karena banjir besar ini mengakibatkan 3.7 milliar penduduk China meninggal dunia. Banjir yang melanda wilayah China dari bulan Juli hingga Agustus 1931 ini disebabkan oleh meluapnya sungai Yangtze. Tidak hanya itu, menurut laporan dari National Oceanic & Atmospheric Administration, setidaknya 51 milliar jiwa atau setengah populasi penduduk China saat itu terkena dampak besar akibat banjir ini seperti wabah penyakit dan kelaparan berkepanjangan.

Sumber : cloudfront.net

2. Topan Bhola

Topan Bhola merupakan topan paling mematikan yang pernah terekam dan terjadi di wilayah Bangladesh dan Bengal, India barat pada November 1970. Dipastikan lebih dari 500.000 jiwa tewas akibat banjir yang diakibatkan oleh gelombang besar yang dibawa oleh topan ini dari laut

Sumber : weebly.com

3. Gempa bumi Antioch

Gempa bumi yang terjadi di Syria dan Antioch yang berlokasi dekat dengan kota Turki ini terjadi pada 526 AD. Berdasarkan catatan sejarah, gempa bumi besar ini menewaskan setidaknya 250.000 hingga 300.000 jiwa pada saat itu. Kebakaran dahsyat pun terjadi hampir diseluruh kota sesudah gempa berhenti akibat bangunan yang runtuh, yang kemudian menambah daftar panjang warga yang tewas dalam insiden ini.

Sumber : 3.blogspot.com

4. Gempa bumi Aleppo

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 8.5 skala richter ini melanda wilayah Aleppo di kota Syria pada tahun 1138. Data sejarah mencatat bahwa setidaknya 230.000 warga tewas akibat tertimpa runtuhan bangunan yang disebabkan oleh guncangan dahsyat dari gempa ini. Gempa bumi ini pun diduga terjadi akibat letak Aleppo yang berdekatan dengan laut Mati, dimana secara geologis kota ini berada ditengah titik pertemuan lempengan tektonik Arab Saudi dengan benua Afrika.

Sumber : imgur.com

5. Tsunami di Samudera Hindia

Bencana alam dahsyat yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 silam ini pastinya masih meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia, terutama warga Banda Aceh. Gempa berkekuatan 9.3 SR mengguncang bagian barat pesisir pantai pulau Sumatera, yang mengakibatkan tsunami setinggi 30 meter menyapu daratan dan menyebabkan 230.000 jiwa meninggal dunia. Tidak hanya Sumatera, beberapa wilayah lain di sekitar samudera hindia seperti Sri Lanka, India, Thailand hingga Somalia pun juga terkena dampak dari gempa bumi ini.

Sumber : cnn.com

Semoga Bencana yang terjadi bisa membawa Hikmah untuk kita semua[][Bella Setiawati]]