dampak merokok
kyivpost.com

DeveNews.Com-Jakarta. Tahukah anda mengenai Dampak Kesehatan Yang Jarang Diketahui Akibat Kebiasaan Merokok ? Kita pastinya sudah mengetahui fakta dibalik buruknya kebiasaan merokok terhadap kesehatan tubuh jangka panjang. Kanker paru-paru, hipertensi, gangguan kehamilan, gigi kuning hingga penuaan dini adalah beberapa gejala umum yang diketahui sebagai efek dari kecanduan terhadap nikotin. Dilansir dari laman medicaldialy.com, ternyata masih banyak penyakit tidak terduga yang juga dapat disebabkan oleh kebiasaan satu ini lho !

  1. Sindrom pra menstruasi

Gejala PMS pada wanita akan menjadi semakin buruk akibat kebiasaan merokok. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologist, 50% kaum hawa yang merokok mengalami kram perut parah yang dapat berlangsung selama lebih dari dua hari. Selain itu, merokok juga dapat memperparah gejala pra menstruasi seperti pegal-pegal, rasa nyeri pada payudara hingga wajah berjerawat. Hal ini dikarenakan kandungan rokok yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita, sekaligus mengurangi asupan vitamin D dalam tubuh.

  1. Gangguan penglihatan

Perokok berat memiliki resiko tinggi untuk mengalami gangguan penglihatan menurut studi terbaru dari Rutgers University. Partisipan yang merokok dalam jumlah berlebih setiap harinya memiliki kesulitan dalam membedakan shade dari berbagai jenis warna yang ditampilkan penguji dikarenakan paparan asap tembakau pada rokok yang dapat menyebabkan terganggunya proses penglihatan dan interpretasi visual pada otak.

  1. Disfungsi ereksi

Survey yang dilakukan oleh Tulane University pada lebih dari 7500 pria di AS mengungkapkan fakta bahwa rokok dapat menyebabkan gangguan ereksi pada pria akibat tidak lancarnya aliran darah yang disebabkan oleh nikotin. Selain itu, nikotin juga dapat mengganggu level hormon testosterone pada pria. “Tidak heran banyak pria yang mengalami impoten akibat kebiasaan merokok,” jelas Harry Lando, Ph.D, dari University of Minnesota.

  1. Penyebab berbagai macam kanker

Merokok memang akan meningkatkan resiko seseorang terkena kanker paru-paru. Namun faktanya, banyak jenis kanker lain yang dapat disebabkan akibat kebiasaan satu ini. Para peneliti dari American Cancer Society menyatakan ada sedikitnya 12 jenis kanker yang dapat disebabkan oleh rokok, yakni kanker hati, usus, serviks, mulut, tenggorokan, esophagus, perut, pankreas, kandung kemih, ginjal hingga kanker darah atau leukemia.

  1. Gangguan kandung kemih

“Ketika senyawa berbahaya dalam tembakau terserap ke dalam aliran darah, maka sistem pembuangan urin seperti ginjal dan kandung kemih juga akan ikut merasakan dampak dari racun-racun tersebut,” jelas Rian Dickstein selaku professor dari Chesapeake Urology. Senyawa racun ini dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih sehingga seseorang akan mengalami kesulitan untuk menahan buang air kecil.

[Bella Setiawati]