Sumber : fashionmio.com

Devenews.com-Jakarta. Penting bagi setiap orang untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Namun sebuah studi membuktikan bahwa sebaik apapun gaya hidup dan pola makan seseorang, hal tersebut tidak menjamin kebutuhan vitamin dan mineral dapat terpenuhi 100%. Terkadang, penurunan asupan vitamin dalam tubuh dapat turut terdeteksi dengan munculnya beberapa tanda pada rambut, kulit maupun kuku kamu loh ! Dilansir dari laman medicaldialy.com, berikut 5 vitamin deficiencies pada tubuh yang dapat kamu deteksi dengan berkaca dan solusi mengatasinya.

1. Mata Bengkak

Pernah mendapati mata bengkak ketika bangun pagi ? Jika iya, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda tubuh kamu kekurangan asupan iodin loh. Studi yang dilakukan pada tahun 2006 menyebutkan bahwa kekurangan asupan iodin akan menyebabkan tubuh cepat lelah dengan indikasi mata bengkak. Selain itu, kekurangan iodin juga dapat membuat kulit kering, kuku mudah rapuh hingga naiknya berat badan secara signifikan. Untuk mengatasinya, disarankan perbanyak konsumsi buah seperti strawberry dan cranberries, yogurt, rumput laut, kentang serta kacang-kacangan.

Sumber : shemazing.net

2. Kulit Pucat

Warna kulit yang pucat dapat menjadi pertanda tubuh kamu perlu asupan vitamin B12, karena kekurangan vitamin B12 dapat membuat kulit mengalami berbagai masalah. Tidak hanya kulit, kekurangan asupan vitamin satu ini juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem perasa lidah. Kamu dapat mulai memperbanyak konsumsi ikan salmon, daging-dagingan, sereal, yogurt dan keju untuk mengatasinya.

Sumber : fashionmio.com

3. Rambut Kering

Sudah perawatan tapi rambut masih kering ? mungkin ini indikasi tubuh kamu sedang kekurangan asupan vitamin B7 (biotin). Kekurangan biotin juga dapat menyebabkan kuku menjadi mudah patah dan meningkatkan resiko terkena diabetes loh. Kamu dapat mulai mengkonsumsi suplemen vitamin B7 dan memperbanyak konsumsi makanan dengan kandungan telur, gandum dan kacang-kacangan untuk mengatasinya.

Sumber : hairstudio.com

4. Bibir Pucat

Bibir yang pucat dapat menjadi pertanda kalau kamu sedang terkena anemia dan membutukan lebih banyak asupan zat besi dalam tubuh. Kekurangan zat besi juga dapat membuat tubuh rentan terkena flu karena zat satu ini juga berpengaruh dalam hal pembentukan sistem imun tubuh. Asupan zat besi dapat kamu peroleh dengan rajin mengkonsumsi daging-dagingan, seafood, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Sumber : glamy.in

5. Gusi Berdarah

Jika kamu merasa gusi kamu sensitif dan mudah sekali berdarah, maka bisa jadi itu adalah indikasi tubuh kamu kekurangan vitamin C. Kondisi kekurangan asupan vitamin C atau yang biasa disebut sebagai scurvy  ini juga dapat membuat tubuh kamu rentan mengalami pegal-pegal diarea otot dan pergelangan. Konsumsi suplemen dan makanan kaya vitamin C seperti jeruk, anggur, paprika, tauge dan brokoli untuk membuat kondisi tubuh kamu kembali prima.

Sumber : smilingdental.com
Untuk lebih jelasnya kamu juga dapat melihat video berikut ini :
https://www.youtube.com/watch?v=ZGYYj-WOP38

[][Bella Setiawati]]