JAKARTA, DEVENEWS – Hobbies are great ! Selain untuk mengisi waktu senggang dengan kegiatan bermanfaat, memiliki dan melakukan hobi dapat memberikan rasa keberhasilan, self improvement dan percaya diri dalam diri kamu, sekaligus memperkenalkan kamu kepada orang-orang dan lingkungan baru. Nah tahun ini kamu bisa mulai mencoba beberapa hobi baru yang jauh kaitannya dengan gadget dan tentunya memiliki banyak nilai positif karena sekaligus mengasah kreativitas kamu.

Dilansir dari buzzfeed.com, berikut 5 hobi kreatif dari yang paling mudah hingga complicated yang wajib banget untuk kamu coba dirumah, beserta perlengkapan apa saja yang kamu butuhkan dengan budget rasional. Pastinya hasil akhir dari hobi ini akan membuat kamu berdecak kagum dan bangga pada diri sendiri. Never give up midways !

  1. Bullet Journaling

Mungkin hobi satu ini masih termasuk asing buat kamu. Yep, bullet journal adalah salah satu cara baru dalam menyusun jadwal dan planning pada buku agar lebih terorganisir dan kegiatan juga dapat berjalan dengan lebih teratur. Dengan sistem bullet journal, kegiatan kamu seperti to-do-list, mapping idea, reminder, daftar koleksi yang sudah dan ingin kamu baca atau lihat, dan juga notes-notes kecil bisa kamu gabungkan dalam satu halaman buku dengan simple. Kamu juga bisa menambahkan quotes favorit ditengah-tengahnya, Well, hampir sama seperti menulis diary, hanya bedanya disini kamu tidak perlu menarasikannya secara panjang lebar dan lebih berfokus pada kreatifitas kamu dalam menciptakan planner untuk membantu rutinias sehari-hari kamu yang kemudian bisa dihias sesuka hati.

Hobi ini cocok dilakukan untuk kamu yang ingin menjadi lebih terorganisir dan jika kamu pengoleksi jurnal karena bentuknya yang lucu, mungkin sekarang saatnya mulai menulis dan menyulap jurnal tersebut menjadi planner untuk mencapai goals kamu di tahun 2017. Untuk hobi ini, besar atau tidaknya budget yang dikeluarkan tergantung dari pemilihan jurnal yang akan kamu gunakan, beserta pemanisnya seperti tempelan stiker-stiker yang lucu. Nah buat kamu yang tertarik ingin memulai bullet journal ini dan ingin mendapat info serta contoh lebih lengkap dari komunitas pecinta bullet journal, kamu bisa langsung berkunjung ke grup Bullet Journal Junkies di Facebook and also make some new friends !

Gambar 1. Bullet Journal, sumber : bulletjournal.com

  1. Watercolors

Kamu tidak perlu jadi artistik atau seniman, karena hobi melukis dengan cat air ini bisa dilakukan oleh siapa dan dimana saja. Untuk para pemula, kamu bisa melihat tutorial gambar apa saja yang bisa kamu buat di Youtube, contohnya adalah di chanel Creativebug dimana kamu bisa melihat video tutorial Beginning Watercolors Classes, selain itu jika kamu ingin menekuni hobi ini dengan serius, tinggal kunjungi website creativebug.com dimana kamu bisa mendapat trial selama satu bulan mengikuti kelas watercoloring secara online bersama Yao Cheng.

Hobi ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan seni dan menyukai ilustrasi-ilustrasi lucu yang sering kamu lihat di media sosial seperti Instagram. Why not making it yourself right ?. Untuk percobaan pertama, tidak perlu langsung mengharapkan hasil yang bagus, karena tujuan utama dari hobi sendiri adalah to entertain yourself. Budget yang perlu kamu keluarkan untuk hobi ini tergantung dari jenis cat air, kuas serta media yang akan kamu gunakan, dengan kisaran harga Rp. 100.000,00 hingga Rp. 250.000,00.

Gambar 2. Watercoloring, sumber : scrapsandstamps.com

  1. Menyulam

Hobi menyulam mungkin terdengar keren sekaligus susah, tapi ternyata menyulam tidak sesulit yang selama ini dibayangkan orang-orang. If you can doodle, then you probably can embroider. Hobi ini sangat cocok untuk kamu yang seringkali memiliki budget tipis dalam memberikan hadiah kepada orang lain dan juga yang memiliki ruang gerak terbatas. Menyulam juga bisa digunakan untuk mempercantik baju atau celana polos kamu.

Untuk para pemula, melihat tutorial-tutorial menyulam di chanel Youtube Creativebug mungkin akan sangat membantu, dimana videonya menampilkan cara menyulam dasar dengan jenis gambar yang mudah dibuat, seperti bunga mawar, pita, tulisan nama, dan lain sebagainya. Budget yang kamu perlu keluarkan untuk hobi ini pun tidak banyak, dimana alat-alatnya bisa kamu beli secara langsung di toko sulam ataupun via online.

Gambar 3. Embroidery, sumber : demilked.com

  1. Bunga Kertas

Belajar membuat bunga kertas mungkin bisa menjadi pilihan lain yang lebih mudah ketimbang menyulam, karena tutorial yang ditawarkan di Youtube terbilang cukup mudah untuk diikuti, dengan langkah-langkah yang tidak complicated. Jika kamu sangat suka kerajinan melipat dan ingin memiliki hobi yang bahkan bisa kamu lakukan sambil menonton tv, maka bunga kertas adalah jawabannya. Hasil dari bunga-bunga kertas buatan kamu ini juga nantinya dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi untuk mempercantik sudut rumah. Budget yang perlu dikeluarkan juga tidak banyak, karena kertas jenis apapun bisa kamu gunakan untuk berkreasi dengan hobi yang satu ini. Kamu juga bisa menggunakan kertas krep untuk hasil bunga kertas yang lebih cantik dan colorful.

Gambar 4. Paper Flowers, sumber : ashandcrafts.com

  1. Menulis Indah / Hand Lettering and Calligraphy

Merasa tulisan tangan kamu jelek ? Well great news ! karena sekarang hobi menulis indah dapat mengubah sekaligus memperbaiki tulisan tangan kamu agar semakin enak dibaca. Hobi menulis indah mungkin mengingatkan diri kita akan masa kanak-kanak, namun percayalah bahwa kamu akan langsung mendapat sensasi rileks ketika menekuni hobi ini. Buat kamu yang ingin move-on dari adult coloring book, hobi yang satu ini juga patut kamu coba karena dapat menjadi stress reliever. Hobi ini juga bisa kamu kombinasikan dengan hobi menulis diary atau bullet journal diatas.

Untuk kamu yang ingin membuat tulisan dengan lebih fancy,kaligrafi juga bisa menjadi pilihan. Walaupun budget yang dikeluarkan menjadi bertambah karena kamu harus membeli alat-alat seperti pen brush dan graph paper notebook. Namun pastinya semua uang yang dikeluarkan akan sebanding dengan hasil akhir yang bisa kamu dapat dari hobi kreatif ini. Kamu juga bisa mengunjungi situs bohoberry.com atau tinarayofsunshine.com untuk mengetahui dasar dan langkah menulis tulisan indah yang efektif, jenis-jenis tulisan, sekaligus kamu juga bisa print kertas dengan garis-garis pembantu dari kedua situs tersebut untuk membantu kamu berlatih. Selamat mencoba !

Gambar 5. Calligraphy Writing, sumber : calligraphymasters.com

By : Bella Setiawati