nchs-health.org

DeveNews.com-Jakarta. Menyusui merupakan salah satu tahap penting yang berpengaruh besar dalam perkembangan dan kesehatan anak di kemudian hari. Oleh karena itu, sangat penting bagi para calon ibu untuk mengetahui makanan dan minuman apa saja yang baik dalam meningkatkan kualitas asi selama masa menyusui. Dilansir dari laman medicaldaily.com, berikut 5 makanan dan minuman dengan kandungan gizi optimal yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui, sekaligus dapat membantu kondisi kesehatan para ibu untuk kembali fit pasca melahirkan.

1. Ikan

Ikan menjadi salah satu asupan wajib bagi ibu yang sedang menyusui karena kandungan DHA nya yang tinggi baik untuk perkembangan sistem saraf sang buah hati. Ikan dengan kandungan lemak baik seperti salmon juga dapat membantu menstabilkan mood swings yang kerap kali dialami oleh wanita pasca melahirkan seperti Postpartrum Depression. Para ahli nutrisi menyarankan agar ikan dibersihkan secara menyeluruh terlebih dahulu dan diolah secara tepat untuk mengurangi kandungan merkuri berbahaya yang dapat menyerap ke dalam asi. Hindari konsumsi ikan tuna karena ikan satu ini memiliki kandungan merkuri diatas rata-rata ketimbang jenis ikan olahan lainnya.

2. Telur

Ibu menyusui juga dapat memerpoleh asupan DHA nya dengan rajin mengkonsumsi telur. Omega 3 yang terkandung dalam telur ayam, terutama ayam yang rutin diberi makan biji lenan (flaxseed), memiliki kualitas kuning telur yang jauh lebih baik bagi ibu menyusui ketimbang telur biasa.

3. Sayuran hijau dan kacang-kacangan

Sayuran hijau dan kacang-kacangan mengandung asam folat yang tidak hanya baik dikonsumsi saat hamil, tapi juga pada masa-masa menyusui. Sayuran hijau seperti daun katuk dan bayam tidak hanya dapat mencegah cacat kelahiran, namun juga dapat meningkatkan kualitas asi pada ibu menyusui. Selain itu, rutin mengkonsumsi sayuran dan kacang-kacangan dapat membantu mengembalikan kondisi prima pada ibu sehabis melahirkan.

4. Susu

Siapa bilang wanita menyusui tidak memerlukan asupan susu ? berdasarkan studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health, wanita yang memasuki tahap menyusui kehilangan 3 hingga 5% massa tulangĀ  karena sebagian kalsium dalam tubuh terserap oleh asi. Rutin meminum susu dalam masa breastfeeding atau menyusui akan membantu wanita mempertahankan massa tulang agar terhindar dari osteoporosis dini dan memastikan asupan kalsium dalam tubuh ibu dan bayi tetap optimal.

5. Air putih

Hal sederhana seperti meminum air putih juga ternyata sangat penting dalam meningkatkan kualitas asi loh, sekaligus membantu para ibu menyusui terhindar dari dehidrasi. Menurut laporan yang diterbitkan webMD, wanita yang sedang menjalani masa menyusui 2 kali lebih rentan mengalami dehidrasi akibat produksi asi. Kurang minum sendiri dapat mengakibatkan kurangnya air asi yang dihasilkan. Disarankan bagi para ibu menyusui untuk tidak terlalu banyak meminum minuman berkafein agar tidak mengganggu kualitas tidur sang bayi.

Yuk Bunda jaga pola makan demi Buah Hati..[][Bella Setiawati]]