Manfaat Cuka Apel
unicpharma.com.br

DeveNews.Com – Jakarta. Bukan kejutan lagi bahwa manfaat cuka apel dapat membawa banyak manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya bagi kulit. Cuka apel kini kembali populer karena terbukti ampuh merawat kulit bermasalah, hingga mengatasi ketombe dan luka bakar.

Menggunakannya pun cukup mudah, campurkan 3 sendok makan cuka apel ke dalam larutan air dan aduk selama 20 detik. Selain dapat dioles, cuka apel juga ternyata dapat diminum lho untuk membasmi kuman dan bakteri pada mulut sehingga napas menjadi lebih segar. Dilansir dari laman medicaldialy.com, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk meminum cuka apel karena berbagai manfaat kesehatan lainnya berikut ini !

  1. Memperlancar pencernaan

Mengkonsumsi segelas cuka apel di pagi hari dapat membantu menyeimbangkan level pH pada saluran pencernaan, sehingga proses pencernaan pun dapat berjalan dengan lancar. Cuka apel juga dapat membantu mengurangi rasa kembung pada perut serta mencegah naiknya asam lambung.

  1. Menurunkan level gula darah

Menurut sebuah studi dari Arizona State Universtiy, cuka apel yang dikonsumsi dua sendok makan secara langsung di pagi hari dapat menurunkan serta menstabilkan level gula darah.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cuka apel memiliki kandungan asam yang dapat memperkuat sistem imun tubuh apabila diminum secara rutin. Senyawa yang terkandung dalam cuka apel dapat mematikan virus dan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh sehingga penyakit seperti flu dan batuk dapat dicegah sedini mungkin.

  1. Menambah energi

Tidak hanya melindungi sistem imun tubuh, cuka apel juga dapat memberi energi tambahan pada tubuh untuk beraktivitas dengan optimal karena kandungan senyawa alkalinenya.

  1. Mengeluarkan racun pada tubuh

Rutin meminum cuka apel di pagi hari dapat membantu tubuh untuk ‘membersihkan diri’ atau dikenal sebagai proses detox. Cuka apel dapat membantu membuang sisa-sisa zat berbahaya yang dapat berubah menjadi racun pada tubuh.

[DeveNews.Com]