Sumber : nasa.gov

DeveNews.com-Jakarta. Iklim yang semakin panas membuat beberapa dataran es dan gletser dunia mulai meleleh dan mengungkap sejarah dibaliknya. Dataran es dan gletser yang akhirnya perlahan-lahan mulain mencair setelah beku selama bertahun-tahun ini berhasil membuat para arkeolog berdecak kagum dengan apa yang selama ini tersimpan didalamnya,. Dilansir dari laman mentalfloss.com, berikut 5 penemuan menakjubkan dari melelehnya dataran es dan gletser di seluruh dunia !

1. Ditemukannya Mayat Pasangan Yang Hilang di Switzerland

Pada tanggal 15 Agustus 1942, Marcelin dan Francine Dumoulin, pergi mendaki ke salah satu bukit di pegunungan Alpen untuk memerah sapi milik mereka. Sejak saat itu, kedua pasangan tersebut tidak pernah kembali kerumah. 75 tahun kemudian, tepatnya pada bulan Juli 2017 lalu, seorang staff di sebuah resor ski di pegunuangan alpen menemukan kedua jazad dari pasangan Dumuolin yang masih utuh dan awet sempurna dibalik timbunan gletser yang meleleh. Marceline Udry Dumuolin, anak termuda dari kedua pasangan ini pun akhirnya bisa bernafas lega setelah bertahun-tahun mencari kedua orangtuanya tersebut.

Sumber : newindiaexpress.com

2. Incan Child Sacrifice Victim, Argentina

3 jasad anak suku Incan di Agrentina yang berusia lebih dari 500 tahun ditemukan dengan kondisi terawetkan sempurna pada tahun 1999 di dekat pegunungan es Llullaillaco. Jasad 2 anak perempuan dan satu anak lelaki berusia 13 tahun yang masih sempurna membuat para ilmuwan dan arkeolog berhasil menemukan sejumlah fakta yang berkaitan dengan salah satu tradisi kuno suku Incan. Dari hasil tes yang dilakukan, ketiga anak ini telah lebih dahulu diberi minum daun koka dan alkohol agar tidak sadarkan diri, sebelum akhirnya dibawa ke puncak gunung es untuk ditinggalkan.

Sumber : pinterest.com

3. Hutan Berumur 1000 Tahun di Alaska

Pada tahun 2005 lalu, gletser ini mulai mencair dan menampakkan pemandangan hutan hijau yang masih asri. Para ilmuwan dari University of Alaska pun menyatakan bahwa pepohonan yang ada di hutan ini sudah berusia 1200 hingga 2350 tahun. Menariknya, pepohonan yang tertimbun es ini tidak mati, namun masih bisa terus hidup dan tumbuh.

Sumber : mentalfloss.com

4. Terlepasnya Virus Anthrax Akibat Permafrost Yang Mencair di Siberia

Pada tahun 2016 silam, iklim panas yang terus meningkat mengakibatkan melelehnya permafrost di semenanjung Yamal, Siberia, dimana akibat dari melelehnya permafrost tersebut, pathogen virus anthrax telah hilang selama 75 tahun, kembali pecah di udara. Akibanya, lebih dari 20 orang di daerah tersebut terjangkit virus mematikan ini, termasuk hewan ternak seperti sapi, rusa, domba dan kerbau.

Sumber : mentalfloss.com

5. Ditemukannya Jasad & Artefak dari Perang Dunia Pertama di Italia Utara

Di ketinggian lebih dari 6500 kaki, tepatnya di desa Pieo yang berlokasi di bagian utara kota Italia, ditemukan artifek serta jasad dari para prajurit perang dunia I di tahun 2012 silam. Karena kondisi cuaca dan temperatur yang ekstrim, tidak sedikit prajurit yang akhirnya meninggal karena hipotermia. Seiring dengan melelehnya es dan gletser di desa tersebut, para arkeolog menemukan jasad para prajurit berusia 17-18 tahun yang masih terawetkan sempurna.

Sumber : ilsole24ore.com

Menakjubkan ya!![][Bella Stiawati]]