5 Tanda Tubuhmu Kekurangan Zinc
momjunction.com

DeveNews.Com – Jakarta. 5 Tanda Tubuhmu Kekurangan Zinc ! Zinc atau seng merupakan mineral esensial yang dibutuhkan tubuh agar dapat beroperasi dengan optimal, mulai dari meningkatkan daya tahan hingga membantu sel-sel tubuh beregenerasi. Kekurangan zinc akibat gangguan pola makan dan kebiasaan yang tidak menyehatkan seperti merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis jangka panjang. Gejala kekurangan zinc pada seseorang ternyata mudah lho untuk dikenali ! Dilansir dari laman medicalidaialy.com, jika kamu merasakan kelima hal dibawah ini, then speak to a medical professional and find out if you need to get your zinc content measured.

  1. Kulit

Apakah bekas luka dan iritasi pada kulit sulit sembuh ? Jika iya, maka bisa jadi itu pertanda kamu kekurangan zinc. Studi menyatakan bahwa zinc memiliki peran penting dalam memperbaiki jaringan kulit. Selain itu, beberapa studi juga mengungkapkan bahwa zinc dapat mengobati jerawat pada kulit wajah karena kandungan mineralnya sebagai anti bakteri dan anti inflamasi.

  1. Nafsu makan

Tingkat mineral yang rendah dalam tubuh dapat mempengaruhi kinerja indera penciuman dan perasa kita lho, sehingga menyebabkan kita kehilangan selera dan nafsu makan. Jika kamu mulai merasa kehilangan nafsu makan, bisa jadi kamu kekurangan mineral satu ini.

  1. Penglihatan

Menurut American Optometric Association, tubuh kita memerlukan zinc untuk membawa vitamin A dari liver ke area retina mata, dimana vitamin A sendiri nantinya akan diubah menjadi melanin, yakni pigmen pelindung pada mata. Zinc dengan konsentrasi tinggi sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga kesehatan retina dan koroid mata. Kekurangan zinc pada tubuh dapat menyebabkan gangguan penglihatan seperti rabun hingga katarak.

  1. Pertumbuhan

Ananda Prasad, M.D dari Wayne State University menyataka betapa pentingnya zinc dalam menstimulasi pertumbuhan seseorang, khususnya remaja. Kekurangan zinc di usia muda dapat menyebabkan masalah pada produksi hormon dan kematangan organ intim pada tubuh, terutama mereka yang berada dalam usia 9 hingga 13 tahun. “Dalam usia remaja, seseorang setidaknya harus mengkonsumsi 8mg zinc setiap harinya. Setelah melewati usia 14 tahun, kebutuhan per-harinya akan meningkat, yakni sebesar 11mg untuk pria dan 9mg untuk wanita,” jelas Ananda.

  1. Gangguan Mood & Fokus

Kekurangan zinc dapat merusak mood dan fokus seseorang dalam beraktivitas. Salah satu studi juga menemukan hubungan antara kurangnya kandungan zinc dalam tubuh anak dengan gangguan hiperaktivitas.

[Bella Setiawati]