Tahukah Anda bahwa selain Danau Toba yang terkenal, masih banyak daerah lain di Sumatra Utara yang wajib dikunjungi. Penasaran apa saja? Simak destinasi yang bisa Anda datangi saat liburan berikut ini!

  1. Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun Sipiso-piso terletak dekat dengan Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun ini dinobatkan sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Kata “piso” berasal dari kata pisau karena derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia.

2. Danau Linting

Tidak sepopuler danau Toba, namun ada danau yang wajib dikunjungi, yaitu Danau Linting di kabupaten Deli Serdang. Danau Linting merupakan danau vulkanik berukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna kehijauan

3. Salju Panas Dolok Tinggi

Ternyata Indonesia memiliki lokasi bersalju, yakni Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Salju Panas Dolok Tinggi merupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu bewarna putih sehingga menyerupai salju. Selain itu, di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Tempat wisata yang satu ini belum diketahui oleh sebagian masyarakat Indonesia. Namun, untuk mecapai destinasi wisata ini perlu ekstra hati-hati karena rutenya yang kurang. Lokasi Salju panas Dolok Tinggi adalah Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara.

4. Hillpark Sibolangit

Berlokasi di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang, Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai banyak jenis permainan. Hillpark Sibolangit merupakan salah satu taman bermain terbesar di Sumatera dengan luas sekitar 20 hektar. Tempat wisata ini memiliki kesamaan seperti Dunia Fantasi (Dufan) di Jakarta. Sesuai dengan namanya, Hillpark Sibolangit terletak di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 550 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki udara yang sejuk.

5. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah sebuah museum yang memamerkan berbagai macam koleksi binatang yang telah diawetkan. Berlokasi di kota Medan, museum ini adalah satu-satunya museum yang mempunyai koleksi lengkap hewan yang diawetkan di Asia. Museum yang beralamat di Jalan S. Parman ini buka sampai dengan jam 5 sore.

 

By : Claudia Fransisca