Tips Sehat Puasa
Sumber Gambar : http://roguehealthandfitness.com

DeveNews.Com – Jakarta. Bulan puasa sudah berjalan setengahnya! Selain menahan amarah dan emosi lainnya, bulan puasa juga mengharuskan Anda menahan lapar dan haus. Ketika tinggal di negara tropis, sepertinya menahan haus lebih sulit dibandingkan menahan lapar. Suhu yang panas pasti akan membuat tubuh Anda menghasilkan keringat hingga akhirnya dehidrasi. Tapi, jangan sampai Anda kalap ketika berbuka puasa.

Karena itu, kami akan memberikan tips makanan apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi saat buka puasa.

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Tetap Sehat di Bulan Puasa! Check it out!

1. Jangan makan makanan cepat saji

Ketika puasa, coba makan makanan yang lebih bergizi. Kalau bisa sih, makanan yang dimasak sendiri agar lebih sehat. Biasanya, makanan cepat saji mengandung minyak yang tidak sehat dan MSG. Selain itu, makanan cepat saji juga lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Coba tanyakan diri sendiri, setelah seharian berpuasa, masihkah Anda memberikan tubuh nutrisi yang tidak baik?

2. Hindari white food

Ya, white food di sini maksudnya adalah makanan yang kira-kira berwarna putih, seperti roti, gula, dan nasi putih. Sayangnya, di Indonesia semua makanan ini adalah makanan pokok. Roti yang terbuat dari tepung biasanya memiliki nutrisi yang lebih sedikit, hal ini juga berlaku dengan nasi putih. Ada baiknya Anda mulai mengonsumsi roti gandum dan nasi merah untuk berbuka puasa agar tubuh lebih fit.

3. Makan makanan yang dapat menghidrasi tubuh Anda

Ketika berpuasa, Anda akan semakin dehidrasi setelah seharian tidak minum. Maka itu, ketika berbuka pilihlah makanan yang dapat memenuhi kembali cairan tubuh Anda. Selain air, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan, air kelapa, jus, atau minuman buah lainnya. Sebisa mungkin hindari atau kurangi dosis kopi dan teh yang dapat membuat Anda dehidrasi.

4. Hindari gorengan dan makanan manis

Mirip seperti makanan cepat saji, gorengan mengandung banyak minyak yang sulit dicerna setelah puasa di hari yang panjang. Apalagi, kalau gorengan tersebut menjadi pilihan pertama untuk berbuka puasa. Sedangkan untuk makanan manis, ada baiknya kalau Anda menggunakan madu untuk menjadi “gula”.

5. Kurangi karbohidrat

Karbohidrat yang tiba-tiba masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak bisa meningkatkan kadar gula. Maka itu, ketika mengonsumsi karbohidrat, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan protein.

Ayo jalani sisa puasa Anda dengan tubuh yang sehat, semangat! [] [Cynthia Li]