DeveNews.com – Jakarta. Hari kasih sayang atau yang lebih akrab disebut sebagai hari Valentine sebentar lagi akan tiba. Toko-toko pun mulai menjual berbagai pernak-pernik yang berhubungan dengan hari kasih sayang tersebut seperti cokelat, mawar, kartu ucapan dan juga boneka. Banyak tradisi-tradisi unik yang dilakukan di berbagai negara dalam menyambut hari Valentine, mulai dari tradisi memberikan barang-barang yang tidak biasa kepada pasangan, hingga diadakannya event untuk ‘menghormati’ mereka yang masih single alias jomblo ! Dilansir dari laman huffingtonpost.com, berikut 5 tradisi unik di hari Valentine dari seluruh dunia yang bisa jadi inspirasi kamu dalam memberikan kado spesial dan berkesan untuk pasangan.

1. Denmark

Walaupun hari Valentine adalah perayaan baru di Denmark yang diresmikan pada tahun 1990, ternyata warga lokal di kota satu ini memiliki budaya perayaan hari kasih sayang yang unik. Dibanding memberikan mawar, para pasangan di Denmark memberikan satu sama lain bunga putih bernama Snowdrops yang telah ditekan hingga menjadi pipih.

2. Korea Selatan

Hari Valentine merupakan salah satu perayaan yang populer dikalangan muda Korea Selatan. Hari kasih sayang di negara gingseng ini berlangsung dari bulan Februari hingga April. Di bulan Februari, para wanita akan memberikan hadiah kepada lelaki yang disukainya, lalu pada tanggal 14 Maret (White day), para lelaki wajib membalas hadiah yang telah mereka terima dari para wanita sebelumnya. Pada tanggal 14 April, para wanita dan lelaki lajang di Korea akan merayakan Black Day dengan memakan semangkuk Jajangmyeon (mie pasta kacang hitam).

3. China

Di China, hari Valentine disebut juga sebagai Qixi atau festival tujuh malam yang jatuh pada hari ketujuh dalam kalender lunar setiap tahunnya. Dalam cerita rakyat penduduk setempat, festival ini diadakan untuk merayakan pertemuan antara dewi Zhinu yang jatuh cinta dengan penggembala sapi bernama Niulang yang tidak direstui oleh ayah Zhinu, yakni sang dewa langit. Dalam perayaan Qixi, para wanita di China umumnya mempersiapkan melon dan buah-buahan lainnya sebagai persembahan kepada dewi Zhinu dengan harapan menemukan pasangan ideal dan memiliki hubungan yang langgeng.

4. Afrika Selatan

Sama seperti kebanyakan negara lain di dunia, para pasangan di Afrika Selatan juga merayakan hari Valentine dengan mengikuti berbagai festival dan memberikan satu sama lain bunga atau hadiah sebagai bentuk rasa sayang. Setiap tanggal 14 Februari, para wanita disini akan memakai pin berbentuk hati yang disematkan di baju bertuliskan nama pasangan mereka atau lelaki yang mereka sukai. This is how South African men learn of their secret admirers.

5. Italia

Pasangan muda di Italia umumnya merayakan Valentine bersamaan dengan festival musim semi, dimana mereka akan berkumpul di taman-taman kota setempat sambil menikmati keindahan mekarnya bunga-bunga dan live music yang biasa diadakan di tengah-tengah taman pada hari itu. Bagi mereka yang masih lajang, mereka harus bangun saat subuh dan lawan jenis yang mereka lihat pertama kali sebelum matahari terbit dipercaya akan menjadi pasangan mereka kelak. Salah satu hadiah Valentine populer di Italia adalah Baci Perugina, yakni coklat berlapis hazelnut yang dibungkus menggunakan kertas bertuliskan kutipan romantis dalam 4 bahasa. [][Bella Setiawati]]

Editor : Shofi Muhaya