Sumber : i.ndtvimg.com

DeveNews.com-Jakarta. Tahukah kamu saat kita tertidur tubuh kita ternyata masih melakukan banyak hal ? Hal-hal tersebut ternyata penting untuk menyokong kondisi tidur kita lho. Tidur merupakan salah satu mekanisme terumit yang dilakukan setiap harinya untuk merelaksasi dan melemaskan tubuh. Oleh karena itu tidak heran banyak hal yang tanpa disadari sebenarnya terjadi dalam tubuh kita ketika terlelap. Dilansir dari mentalfloss.com, ini dia 6 hal tidak terduga yang ternyata dialami semua orang ketika sedang terlelap.

1.    Menjaga Siklus Waktu

Kamu mungkin tertidur pulas namun bagian hipotalamus dalam tubuh kamu tidak. Hipotalamus sendiri memiliki peran untuk menjaga siklus waktu dalam ritme kardiak (jantung) selama kamu terlelap agar tetap teratur. Siklus ini tidak hanya akan membantu kamu tidur lebih lelap dengan melepaskan melatonin, tetapi juga membantu melepaskan protein (PER) yang berfungsi untuk mengaktifkan alarm ‘alami’ bagi kamu disetiap pagi.

2.    Berbicara Dalam Tidur

It happens. Berbicara atau mengiggau dalam tidur pastinya sering dialami setiap orang walaupun tidak sering. Sleep talking biasanya dialami oleh anak-anak dibawah usia 10 tahun, namun sebanyak 5% orang dewasa di dunia juga mengalami sleep talking. Berbicara dalam tidur dapat terjadi dalam berbagai tahapan tidur, dan seringkali disebabkan oleh stress, sakit (demam) hingga depresi.

3.    Menggertakan Gigi

Banyak orang dewasa yang menggertakan atau membunyikan suara-suara dari giginya ketika tidur. Kebiasaan yang dikenal dengan nama bruxism ini disebabkan oleh keadaan psikologi dan emosional yang tidak stabil, temasuk depresi dan stress. Mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter gigi dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kebiasaan ini.

4.    Otak Bekerja Ekstra

Saat tertidur, mungkin otot dan anggota tubuh kita lainya melemas, namun nyatanya, otak justru melakukan kerja ekstra saat kita sedang tertidur. Setiap malam, otak akan ‘membereskan’ dan mengatur memori-memori yang terekam dalam otak kita setelah seharian beraktifitas. Otak juga akan melakukan pembersihan atau ‘cerebrospinal fluid’ untuk membuang protein sisa dalam tubuh seperti racun dan sebagainya.

5.    Mengurangi Berat Badan

Tanpa disadari, tidur juga ternyata dapat membantu kamu mengurangi berat badan maksimal sebanyak 1 pon dari aktifitas bernafas yang dilakukan ketika kamu terlelap. Tidak heran angka timbangan terbaik kamu selalu dapat dilihat di pagi hari !

6.    Menjadi Lumpuh

    Otot merupakan salah satu bagian tubuh yang otomatis akan ‘dinonaktifkan’ pada malam hari. Oleh karena itu tidak jarang banyak orang yang pernah mengalami sleep paralysis. Ketika siklus REM (rapid eye movement) berlangsung, otak berada dalam fase ‘bermimpi’. Untuk memproteksi diri dari gerakan-gerakan responsif terhadap mimpi tersebut, maka tubuh perlu mematikan / melemahkan reflek otot.[][Bella Setiawati]]

Editor : Shofi Muhaya