Sumber : cdn.instructables.com

Devenews.com-Jakarta. Lilin biasa digunakan sebagai penerang suatu ruangan ketika mati lampu atau sekedar untuk makan malam romantis. Tetapi, selain dibakar untuk penerangan, lilin juga bisa digunakan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari Anda. Contohnya seperti berikut ini.

1. Pelumas

Sumber : faithtap.com

Hayo, siapa yang tidak meyangka kalau lilin yang padat bisa juga dibuat sebagai pelicin suatu benda. Ambil saja laci yang macet sebagai contoh. Tinggal gosokkan lilin di bagian roda atau tepi laci, dan dijamin laci Anda tidak macet lagi! Selain itu, Anda juga bisa menggosokkan lilin di bagian resleting yang macet, dan voila, resleting bisa lancar seperti semula.

2. Rekatkan Ujung Tali Sepatu

Sumber : i.kinja-img.com

Pernahkah plastik di ujung tali sepatu Anda lepas? Jika iya, sebelum tali sepatu menjadi buyar, Anda bisa mencelupkan ujung tali ke cairan lilin dan tunggu hingga kering.

3. Anti Air

Sumber : cdn.instructables.com

Semua orang tau kalau lilin berupakan salah satu benda padat yang anti air. Kabar baiknya, kemampuan ini bisa “menular” lho ke benda lain, contohnya sepatu. Jika tak ingin sepatu basah dengan air hujan atau lumpur, Anda bisa menggosokkan lilin ke sepatu. Setelah itu, keringkan dengan hair dryer. Selain itu, menggosokkan lilin ke kertas juga bisa membuatnya anti air.

4. No More Tears

Sumber : creeklinehouse.com

Kalau Anda langganan menangis ketika memotong bawang, cepat siapkan lilin di dekat Anda. Katanya, menyalakan lilin di dekat kita ketika memotong bawang akan membuat apinya menyerap sebagian uap bawang. No more tears for you, dear.

5. Penambal

Sumber : s3-production.bobvila.com

Jendela Anda memiliki celah? Atau ada sedikit lubang di barang Anda? Tenang saja, lilin hadir untuk menyelesaikan semua masalah tersebut. Gunakan cairan lilin untuk menambal ruang-ruang tersebut dan biarkan hingga kering.

6. Pesan

Sumber craftster.org

Ini cocok untuk Anda yang memiliki pesan rahasia untuk sebuah kejutan manis. Tulis pesan Anda dengan sebuah lilin putih di atas kertas. Kemudian, orang lain dapat membaca pesan Anda jika kertas dioleskan dengan cat warna atau dipanaskan. Hati-hati, jangan sampai terbakar lho.

Semoga kegunaan lilin di atas bisa menjadi solusi masalah Anda ya![][Cynthia Li]]