Sumber : tgn.com

DeveNews.com-Jakarta. Percaya atau tidak, beberapa tempat dengan suhu terpanas di dunia pernah dilanda musim salju. Tempat-tempat yang identik dengan iklim tropis yang umumnya hanya memiliki 2 musim ini mengalami berbagai fenomena alam aneh yang membuat salju turun di tempat tersebut. Beberapa ahli menduga hal ini sebagai salah satu dampak dari globalisasi yang terus terjadi sepanjang tahun. Dilansir dari laman mentalfloss.com, berikut 6 tempat tak terduga di dunia yang pernah menjadi sasaran butiran es putih ini !

1. Muhafazat Al Wafrah, Kuwait

Pada 28 Januari 2016 silam, butiran-butiran yang salju turun dan menutupi hampir kesuluruhan perbatasan di daerah Muhafazat Wafrah, Kuwait. Kuwait sendiri merupakan salah satu kota di Arab yang memiliki suhu harian diatas 36 derajat Celsius, bahkan ketika memasuki bulan-bulan dingin di akhir tahun. Warga lokal mengungkapkan bahwa fenomena langka ini baru pertama kali terjadi di Kuwait. “Kami sangat terkejut.

Sumber : Wikimedia.org

2. Mauna Kea, Hawaii

14 Juni 2016 silam, butiran salju kecil melanda pulau tropis Mauna Kea di Hawaii. Mauna Kea sendiri merupakan salah satu pulau terbesar di Hawaii yang di dominasi oleh pegunungan vulkanik yang aktif dan tertinggi di seluruh samudera pasifik. Kenaikan tinggi pulau yang terjadi setiap tahunnya membuat Mauna Kea mulai memasuki zona iklim arktik yang memungkinkan pulau satu ini mengalami musim salju. Sebelumnya, Mauna Kea juga pernah mengalami musim salju di bulan Mei, Juni dan Agustus 2012.

Sumber : lovebigisland.com

3. Florida Selatan

Salju juga melanda kota beriklim tropis di Amerika Serikat yang berlokasi dekat dengan pantai. Pada 9 Januari 1977, salju tipis turun di sekitar pesisir pantai Miami hingga Homestead, dimana kedua daerah ini memiliki suhu terendah 25-28 derajat Celsius tiap tahunnya. Turunnya salju di pantai Florida ini berlangsung sebentar, dan merupakan fenomena pertama kali yang pernah terjadi di kota Florida hingga kini.

Sumber : citiesbycurio.com

4. Gurun Sahara

Pada 18 Februari 1979 silam, gurun sahara mengalami badai salju untuk pertama kalinya yang berlangsung selama satu setengah jam. Gurun sahara yang membentang dari Tibet hingga Algeria ini memiliki iklim tropis dan menjadi salah satu tempat terpanas di dunia dengan altitude rendah, sehingga membuatnya hampir mustahil untuk dilanda badai salju.

Sumber : tgn.com

5. Baghdad, Irak

Di tahun 2008 silam, tepatnya pada tanggal 11 Januari, butiran salju turun di kota Baghdad, dimana menurut warga lokal fenomena ini merupakan fenomena pertama yang pernah terjadi di kota ini. Umumnya, hanya bagian utara kota Baghdad yakni pegunungan Irak yang mengalami musim salju. Baghdad sendiri merupakan kota beriklim tropis yang cenderung panas.

Sumber : airlines-airports.com

6. Gurun Atacama, Chili

Salju yang turun di gurun Atcama pada tanggal 3 Juli 2011 ini bertahan hingga beberapa hari dan berhasil menutupi hampir sebagian hamparan pasir dengan butiran putih salju setebal 32 inci. Gurun yang berdekatan dengan benua Antartika ini merupakan salah satu tempat terkering di dunia karena letaknyanya yang juga bersinggungan dengan pegunungan Andes dan Pesisir pantai Chili. Gurun Atcama juga memegang rekor tempat di dunia dengan curah hujan terendah.

Sumber : condenast.co.uk

Meski disana terkenal panas, ternyata salju pernah menyelimuti negara diatas!![][Bella Setiawati]]

Editor : Shofi Muhaya