Cara Mengatasi Rasa Insecure Dalam Hubungan
Pexels.com - Cara Mengatasi Rasa Insecure Dalam Hubungan

DeveNews.Com-Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa Insecure dalam suatu hubungan adalah komunikasi. Anda mungkin ragu untuk membagikan pemikiran dengan pasangan, tetapi komunikasi itu penting. Mereka mungkin memahami rasa insecure Anda dan membantu Anda sehingga dapat bersama-sama mengatasi tantangan dan dapat menikmati hubungan romantis.

Berikut 6 Tips untuk mengatasi rasa insecure dengan lebih baik.

  1. Identifikasi Akar Penyebabnya

Tidak mungkin anda menghadapi cara mengatasi rasa insecure tanpa mengidentifikasi apa yang menyebabkannya. Perhatikan hidup Anda secara mendalam, gali masa lalu Anda, dan cari tahu apa yang membawa rasa insecure tersebut ke dalam hubungan anda.. Apakah hubungan atau pengalaman masa kecil Anda sebelumnya, atau pengalaman pacaran yang buruk? Setelah Anda mengetahui alasannya, Anda mungkin tahu cara yang tepat untuk mengatasinya.

  1. Bersikaplah Mandiri dan Pertahankan Harga Diri Anda

Penting untuk menjadi puas di dalam untuk mencerminkan hal yang sama di luar. Bahkan saat Anda menjalin hubungan, Anda harus mengutamakan diri sendiri. Mulailah merasa nyaman dengan diri sendiri dan perhatikan perubahan dalam diri Anda.

Pastikan Anda memiliki kebebasan dan Anda mandiri dan bekerja menuju peningkatan diri. Semakin bahagia dari dalam diri, semakin baik Anda membayangkan dunia atau hubungan Anda. Anda bisa membaca buku, spa, menghabiskan waktu dengan teman-teman Anda, dan melakukan apa pun yang membuat Anda tersenyum. Dan segera, Anda mungkin menyadari rasa insecure Anda menghilang.

  1. Jangan Terlalu Banyak Berpikir dan Menerima

Jauhkan masalah masa lalu Anda dari kehidupan Anda saat ini. Jika pasangan Anda mengatakan bahwa mereka ada rapat dan akan terlambat hari ini, terimalah alih-alih terlalu banyak berpikir dan berasumsi bahwa mereka berbohong. Ketika Anda berasumsi atau membayangkan sesuatu, Anda mengambil langkah lebih jauh untuk merusak hubungan Anda. Terima mereka apa adanya, dan jika ada sesuatu tentang perilaku mereka yang mengganggu Anda, bicaralah dengan mereka alih-alih membuat skenario dalam pikiran Anda.

  1. Kendalikan Diri Anda, Bukan Hubungan

Jika menurut Anda pasangan harus memenuhi harapan dan hubungan berjalan sesuai keinginan, Anda mungkin bertindak atas dasar ketidakamanan dan merusak hubungan. Hubungan yang sehat dan penuh kasih tidak melibatkan pengendalian pasangan atau ikatan, tetapi bergerak dengan kecepatan yang nyaman bagi kedua pasangan. Mencoba mengendalikan hanya akan menjadi hambatan dalam perjalanan Anda bersama.

  1. Percayai Pasangan Anda dan Beri Mereka Ruang

Persyaratan dasar dari hubungan yang sehat adalah kepercayaan. Tidak peduli bagaimana hubungan Anda sebelumnya, Anda tidak akan dapat membuat hubungan saat ini berhasil ketika Anda meragukan setiap gerakan atau kata pasangan Anda.

Dan bila Anda percaya, Anda akan bisa memberi pasangan Anda ruang yang mereka butuhkan. Mereka mungkin memiliki persyaratan atau suka dan tidak suka mereka sendiri dan mungkin ingin menikmati sesuatu yang mereka sukai, tetapi Anda mungkin tidak. Biarkan mereka dan lakukan apa yang mereka inginkan dan lihat seberapa ringan perasaan Anda tanpa rasa insecure.

  1. Jangan Pernah Membandingkan Hubungan Anda

Aturan penting lainnya adalah jangan membandingkan pasangan Anda dengan siapa pun, dan hubungan Anda dengan masa lalu Anda atau hubungan orang lain. Melakukan hal itu dapat membuat pasangan Anda tidak nyaman atau bahkan cemburu dan membuat mereka tidak percaya diri.

Setiap hubungan itu unik dan memiliki aspek positif dan negatifnya masing-masing. Perbandingan dapat menyebabkan banyak rasa tidak aman dan memutuskan ikatan dengan pasangan Anda. Setiap kali Anda memiliki keinginan untuk membandingkan, berhenti dan pikirkan semua hal baik yang Anda miliki dengan pasangan.

Wajar jika merasa insecure pada saat emosi Anda berperan ketika berada dalam suatu hubungan. Pada saat yang sama, penting untuk melihat bahwa Anda tidak membiarkan perasaan Anda lepas kendali, membiarkan rasa tidak aman Anda membayangi kehidupan romantis Anda. Identifikasi tanda-tandanya pada saat yang tepat, cari tahu penyebabnya, dan kelola rasa tidak aman Anda sebelum hubungan Anda rusak.

Cobalah menikmati fase indah dalam hidup Anda tanpa ada hal negatif.

[Lizzie]