Ljubljana. Sumber : huffingtonpost.com
Ljubljana. Sumber : huffingtonpost.com

DeveNews.Com – Jakarta. Banyak dari kamu yang pastinya ingin merasakan sensasi hidup di luar negeri, tapi seringkali biaya hidup yang mahal menjadi kendala utamanya. Sebuah firma konsultan global, Mercer, melakukan survey terhadap lebih dari 375 kota di dunia, dimana 209 kota berhasil masuk dalam kategori kota dengan biaya hidup ekonomis di dunia. Miriam Siscovick selaku perwakilan dari Mercer mengungkapkan bahwa survey ini dilakukan dengan menjadikan US Dollar sebagai mata uang acuan sekaligus untuk membantu para investor dalam memilih kota yang tepat dalam berinvestasi.

Namun hasil ini juga sangat berguna untuk membantu kamu dalam memilih kota yang tepat sesuai dengan budget dan pekerjaan kamu. Whether it’s for a year or the rest of your life, dilansir dari laman huffingtonpost.com, berikut 7 kota ekonomis dengan pemandangan dan budaya yang memukau yang bisa menjadi pilihan kamu dalam mencari tempat tinggal baru.

  1. Nuremburg, Jerman

Kota satu ini berhasil menduduki peringkat ke-168 dalam survey yang dilakukan Mercer dan dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Jerman disamping Berlin dan Munich. InterNations, salah satu situs yang berisikan informasi tentang biaya hidup di kota-kota dunia juga memberikan dua jempol untuk kota ini karena harga kebutuhan hidupnya yang terbilang ekonomis untuk ukuran kota di eropa.

Nuremburg. Sumber : huffingtonpost.com
Nuremburg. Sumber : huffingtonpost.com
  1. Budapest, Hungaria

Ibukota dari Hungaria ini berada dalam urutan ke- 176 dalam survey Mercer. Hal ini dikarenakan melemahnya mata uang Hungaria terhadap US Dollar yang sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir. Nah hal ini bisa menjadi kabar baik bagi kamu yang ingin tinggal di kota baru dengan sejuta atraksi dan pemandangan yang memukau setiap harinya sekaligus tetap menghemat budget.

Budapest. Sumber : huffingtonpost.com
Budapest. Sumber : huffingtonpost.com
  1. Ljubljana, Slovenia

Ibukota satu ini mungkin masih terasa asing ditelinga kamu, namun nyatanya, Ljubljana memiliki pemandangan kota yang tidak kalah indah dengan kota-kota di eropa, yang dipenuhi oleh kanal-kanal kecil dan jalan setapak yang asri dan bersih. Kota ini menduduki peringkat ke-161 dalam survery Mercer, sekaligus dinobatkan sebagai ibukota dengan biaya hidup termurah di seluruh eropa oleh Expatistan.

Ljubljana. Sumber : huffingtonpost.com
Ljubljana. Sumber : huffingtonpost.com
  1. Calgary,Kanada

Kota yang terletak berjejer dipinggiran kaki bukit Kanada ini memiliki keindahan yang tidak kalah keren dengan kota-kota terkenal di Kanada lainnya seperti Toronto, Vancouver dan Montreal. Sruvey yang dilakukan Mercer juga menempatkan kota ini dalam pada urutan ke-143 dan menjadi kota dengan biaya hidup termurah diseluruh Kanada dengan pemandangan alam yang masih asri dan bersih.

Downtown Calgary, Alberta, Canada at dusk. Lots of copy space. (Please see my portfolio for related photos and video clips).
Calgary. Sumber : huffingtonpost.com
  1. Bangalore, India

Kota ini berhasil menyabet posisi ke-166 dalam survey Mercer, karena memiliki perkembangan ekonomi yang pesat dan stabil dibanding kota-kota di India lainnya. Selama beberapa tahun, Bangalore menyulap dirinya menjadi ibukota modern dengan biaya hidup paling terjangkau di seluruh India.

Bangalore City skyline, India
Bangalore. Sumber : huffingtonpost.com
  1. Mexico City, Meksiko

Walaupun memiliki fasilitas dan transportasi yang memadai, sekaligus budaya yang unik untuk dijelajahi, kota yang berada di urutan ke-177 ini nyatanya memiliki biaya hidup yang relatif terjangkau loh ! Nomadic Matt, seorang budget expert juga menyatakan bahwa harga makanan dan transportasi di Meksiko tergolong murah dibanding kota-kota lainnya di Amerika Selatan.

Meksiko. Sumber : huffingtonpost.com
Meksiko. Sumber : huffingtonpost.com
  1. Glasgow, Inggris

Kota satu ini memiliki UMR atau upah minimum kerja yang tidak main-main loh, oleh karena itu Glasgow menduduki peringkat ke-160 sebagai kota dengan biaya hidup terjangkau di dunia, sekaligus menjadi salah satu kota terbaik untuk kamu yang ingin memulai karir di luar negeri tanpa perlu khawatir terbebani biaya hidup yang tinggi. Selain memiliki harga sewa tempat tinggal termurah di seluruh Inggris, kota ini juga memiliki banyak atraksi dan tempat bersejarah yang bisa dikunjungi secara gratis.

Glasgow. Sumber : huffingtonpost.com
City of Glasgow – HDRGlasgow. Sumber : huffingtonpost.com

Menarik kan?

[Bella Setiawati]