Makan Terlalu Cepat
static.com

DeveNews.Com-Jakarta. Dunia modern kini menuntut kita untuk serba cepat dalam melakukan banyak hal, salah satunya adalah kebiasaan makan sehari-hari. Tidak hanya anak-anak, banyak dewasa kini dari yang makan terlalu cepat untuk menghemat waktu agar bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.  Walaupun begitu, kebiasaan ini ternyata dinyatakan buruk oleh banyak ahli. Tidak hanya menyebabkan seseorang makan berlebih dan kenaikan berat badan, makan terlalu cepat juga dapat mengganggu kondisi metabolisme seseorang.

  • Mengunyah Pelan Dapat Mencegah Diabetes

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menjelaskan mengapa kita harus makan secara perlahan. Ketika kita makan dengan ritme pelan, tubuh otomatis dapat menjaga jumlah kalori yang masuk sehingga kita lebih mudah merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Menurut tim peneliti, ketika seseorang menikmati makanannya dan tidak makan cepat atau secara terburu-buru,  mereka juga turut menikmati banyak manfaatnya, diantaranya mengunyah makanan dengan pelan dapat mencegah diabetes. Selain itu, mengunyah makanan dengan baik juga dapat menghindari seseorang dari gangguan pencernaan.

  • Semakin Lama Mengunyah Semakin Sedikit Kalori di Konsumsi

Tim juga menyatakan bahwa semakin lama seseorang mengunyah makanan, maka akan semakin sedikit pula kalori yang dikonsumsi. Hal ini dikarenakan hormon yang berfungsi mengatur nafsu makan akan memberikan sinyal pada otak untuk berhenti merasa lapar. Oleh karena itu, mereka yang makan terlalu cepat seringkali mengkonsumi lebih banyak makanan dibanding yang sebenarnya tubuh mereka butuhkan.

  • Makan Terlalu cepat Jadi Penyebab Obesitas Seseorang

Makan terlalu cepat juga menjadi salah satu penyebab obesitas pada seseorang. Ketika kita mengunyah terlalu cepat, tubuh tidak dapat memberikan sinyal natural pada otak untuk berhenti makan, sehingga sistem otak dan perut tidak dapat berfungsi dengan efektif, sehingga kondisi over-eating tidak dapat dihindari.

Banyak orang yang mengunyah dan menelan makanannya dengan cepat tanpa disadari karena sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan dengan jadwal yang padat. Padahal, kegiatan mengunyah berperan penting dalam sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi pada tubuh kita.  Sebelum menelan makanan, setidaknya kita harus mengunyah makanan tersebut di dalam mulut sebanyak 40 kali per gigitan. But it would surely be worth it if you want to be healthy.

[Bella Setiawati]