Sumber : cdn4.i-scmp.com

DeveNews.com-Jakarta. Saat kita dihadapkan pada udara bertemperatur rendah, Apa Alasan telapak tangan selalu dingin? Seringkali kita merasakan dingin disekujur tubuh, terutama telapak tangan. Namun, lain halnya jika saat udara panas, telapak tangan kita justru tetap terasa dingin. In this case, you’re not alone. Ternyata, memiliki telapak tangan yang cenderung terasa dingin adalah persoalan umum yang dialami oleh banyak orang.

Dilansir dari huffingtonpost.com, telapak tangan yang dingin ternyata bukanlah kondisi serius sebagaimana yang dianggap orang-orang selama ini. Panas atau dinginnya suhu pada telapak tangan dipengaruhi oleh sirkulasi darah dalam tubuh. Tangan bersuhu hangat mengisyaratkan aliran darah yang lancar dan cukup ke seluruh tubuh. Sedangkan, tangan yang dingin umumnya merupakan dampak dari menurunnya suhu lingkungan yang kemudian mempengaruhi pengaturan termal dalam tubuh , termasuk aliran darah.

  • Suhu Udara Dingin

Suhu udara dingin membuat aliran darah dialokasikan lebih banyak kepada organ-organ vital dalam tubuh sebagai bentuk pertahanan diri dari suhu ekstrim. Menurut Natalie Evans selaku MD dari Cleveland Clinic AS, efek dari alokasi aliran darah tersebutlah yang membuat telapak tangan dan kaki akan otomatis terasa dingin. Selain itu, Albert Ahn selaku internist dari NYU Langone Medical Center, juga menjelaskan bahwa beberapa orang memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap perubahan suhu, sehingga telapak tangan mereka lebih cepat terasa dingin, even when their coworkers couldn’t care less.

  • Telapak Tangan Di Cuaca Hangat

Namun, ketika telapak tangan terasa dingin padahal cuaca sedang hangat, bisa jadi hal lebih serius lainnya sedang terjadi dalam tubuhmu seperti penyakit Renaud yang menyebabkan penyempitan diameter pembuluh darah (vasospasme) sehingga membuat area yang terkena penyempitan akan terasa dingin bahkan dalam udara panas. Although it’s uncomfortable, Reynaud’s usually isn’t dangerous. Namun bisa jadi hal ini merupakan gejala dari penyakit lainnya yang lebih serius seperti lupus atau gangguan pada kelenjar tiroid.[][Bella Setiawati]]

Baca Juga : Kreatifitas Henna di Tangan Wanita

Editor : Shofi Muhaya