cdn3.collective-evolution.com

Devenews.com-Jakarta. Terlentang di kasur dan bantal yang empuk, lalu dihangatkan dengan selimut, hingga tertidur lelap dalam waktu singkat adalah impian semua orang di malam hari ketika sudah mengantuk. Namun, tidak semua orang bisa mengalami kenikmatan ini di malam hari. Dilansir dari Brightside, jika Anda menjadi salah satu orang yang mengalami gangguan tidur seperti yang akan kami sebutkan, coba saja solusi di bawah ini.

1. Sulit Tidur

Hindari teh atau kopi selama 7 jam sebelum tidur jika Anda mengalami gangguan tidur. Selain itu, usahakan untuk berolahraga setiap pagi. Seperti yang sudah diketahui, teh dan kopi mengandung kafein yang bisa membuat kita lebih terjaga. Sedangkan olahraga sendiri memang bisa membuat seseorang tidur lebih cepat.

2. Mendengkur

Mendengkur bisa saja mengganggu orang yang tidur di sekitar Anda. Namun, jika mendengkur juga mengganggu pikiran Anda, maka gunakan cara ini. Anda bisa tidur secara menyamping dan meletakkan kedua tangan di bawah kepala. Kemudian, sebelum tidur teteskan larutan garam ke dalam hidung dan hindari alkohol. Katanya sih, larutan garam bisa melembabkan hidung dan menghindari iritasi. Anda bisa membuat sendiri larutan garam dari seperempat sendok garam (kosher atau canning) dengan setengah gelas air panas, kemudian masukkan ke dalam botol semprot.

3. Jika Leher Anda Sakit

Seringkali kita terbangun dengan pundak dan leher yang sakit. Selain hal ini mengganggu aktivitas, tentu juga akan memengaruhi tidur di malam hari. Jika Anda menderita hal ini, maka gantilah bantal setidaknya dua tahun sekali. Selain itu, gunakan bantal lateks untuk kebugaran tidur Anda.

4. Terbangun di Malam hari

Beberapa dari Anda pasti ada yang sering terbangun di malam hari tanpa sebab. Mitosnya sih, ada yang “melihat” saat tidur. Faktanya, coba deh agar tidak meminum alkohol dan usahakan temperatur udara ruangan Anda berkisar 20-22 derajat celsius.

5. Sakit Perut

Pertama-tama, cek ke dokter jika hal ini Anda alami setiap hari. Tapi, Anda juga bisa mencoba untuk tidur menyemping ke kiri dengan bantal yang agak tinggi ketika sakit perut melanda di malam hari.

6. Pundak Dan Punggung Sakit

Jika pundak Anda sakit saat tidur, maka tidurlah dengan terlentang sambil memeluk bantal di atasnya. Sedangkan jika punggung sakit, taruh bantal di bawah paha Anda ketika tidur tengkurap atau bantal di bawah kaki ketika tidur terlentang.

7. Alarm Tubuh

Sulit terbangun sebenarnya bisa diselesaikan dengan sebuah kebiasaan. Biasakan diri Anda untuk terbangun di jam-jam tertentu, bahkan ketika hari libur. Hal ini tentu akan memicu tubuh Anda untuk memiliki alarm tersendiri sehingga tak perlu takut lagi terlambat bangun.

So, Anda bisa lebih rilex menjalani aktifitas sehari – hari.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Dari Minyak Zaitun Yang Perlu Kita Ketahui

[Chintya Li]