Orange Anime Menceritakan tentang kehidupan enam murid SMA, yaitu Takamiya Naho, Naruse Kakeru, Matsumoto Suwa, Takako, Azu, dan Hagita

DeveNews.Com – Jakarta. Anime Slice Of Life adalah yang biasa dikenal dengan anime  tentang nilai-nilai kehidupan  masih menjadi trending buat para pecintanya di semua kalangan usia.  Bagi kamu yang sedang  mencari anime Slice Of Life, DeveNews punya 5 list anime yang wajib kamu tonton. Dari anime Slice of Life tersebut kamu akan menemukan nilai-nilai kehidupan seperti perjuangan, persahabatan, percintaan, pengorbanan, pengertian dan lain sebagainya. Langsung saja yuk, Berikut list anime slice of life yang dapat membuatmu terharu saat menontonnya:

  1. Orange

Diadaptasi dari manga yang berjudul sama. Bagi kamu yang suka dengan anime kehidupan sekolah yang tidak lain mencakup kisah percintaan dan persahabatan, nah anime ini wajib untuk kamu tonton. Meskipun ada kisah percintaannya namun anime ini lebih menonjolkan nilai persahabatannya. Kisah persahabatan yang luar biasa dan mengharukan membuat anime ini menjadi salah satu anime slice of life terbaik. Buat kamu yang belum tahu sinopsisnya, nih devenews kasih gambaran singkatnya.

  • Sinopsis Orange

Menceritakan tentang kehidupan enam murid SMA, yaitu Takamiya Naho, Naruse Kakeru, Matsumoto Suwa, Takako, Azu, dan Hagita. Mereka berenam bersahabat. Cerita dimulai dari Takamiya Naho yang mendapatkan surat dari dirinya yang berada di masa depan 10 tahun yang akan datang. Suratnya itu berisi tentang penyesalan-penyesalan yang ia alami sampai 10 tahun ke depan. Naho di masa depan menginginkan agar Naho saat ini menghapus penyesalan-penyesalan tsb terutama penyesalan dimana ia tidak bisa menyelamatkan Kakeru. Awalnya Naho tidak percaya dengan surat itu namun satu persatu kejadian yang tertulis di dalam surat itu benar-benar menjadi kenyataan. Dan yang paling membuatnya terkejut adalah ketika ia mengetahui bahwa Kakeru tidak berada di masa depan bersama mereka alias meninggal. Dari situlah, Naho sekuat tenaga menyelamatkan Kakeru, orang yang dicintainya. Dan ternyata bukan hanya Naho yang mendapatkan surat dari dirinya di masa depan tetapi juga keempat sahabat lainnya, yaitu Suwa, Takako, Azu dan Hagita yang mendapatkan pesan yang sama, yaitu menyelamatkan sahabat mereka yang bernama Kakeru dari kematian.

Hhmm… Kira-kira bisa ga ya mereka menyelamatkan Kakeru? Daripada penasaran mending coba ditonton saja yah. Dan satu lagi yang membuat anime ini wajib kamu tonton yakni serial ini mendapatkan satu movie yang membahas secara detail dan tuntas pertanyaan-pertanyaan yang terbesit di benak penonton sehingga kamu tidak penasaran dan puas nontonnya. Judul movienya Orange: Mirai. Jarang-jarang loh ada anime shoujo yang membahas sampai tuntas ceritanya sama persisnya seperti di manga.

Orange Anime Menceritakan tentang kehidupan enam murid SMA, yaitu Takamiya Naho, Naruse Kakeru, Matsumoto Suwa, Takako, Azu, dan Hagita
Gambar 1.1 : Orange : Mirai
Orange Anime Menceritakan tentang kehidupan enam murid SMA, yaitu Takamiya Naho, Naruse Kakeru, Matsumoto Suwa, Takako, Azu, dan Hagita
Gambar 1.2 : Orange
  1. Kimi Ni Todoke

Berbeda dengan Orange, Kimi Ni Todoke ini lebih kental dengan nuansa romansanya. Namun romansa di film ini sangatlah bagus karena memperlihatkan anak SMA yang baru pertama kali jatuh cinta dan menjalin sebuah hubungan. Meskipun kental dengan romansanya, tokoh utama wanita, Sawako Kuronuma memiliki karakter yang sangat bagus untuk anak sekolah.

  • Sinopsis Kimi Ni Todoke

Sawako yang ingin sekali bisa mendapatkan seorang teman dan berbaur layaknya anak-anak SMA lainnya sangat kesulitan dalam menjalin komunikasi kepada orang lain. Selain karena dirinya yang sangat kaku, penampilan Sawako yang mirip dengan hantu jepang terkenal bernama Sadako membuat orang lain takut dengannya. Namun hal ini tidak berlaku kepada Shota Kazehaya, teman sekelas Sawako. Dari awal pertemuannya dengan Sawako, Kazehaya telah merasakan sesuatu di dalam dirinya. Kazehaya yang sempat melihat senyum manis Sawako sangat yakin bahwa Sawako adalah gadis yang baik. Kazehaya pun membantu Sawako dalam menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Berkat bantuan Kazehaya, Sawako berhasil mendapatkan teman.

Jika kamu suka dengan kehidupan sekolah, maka Kimi ni Todoke wajib masuk dalam daftar anime yang kamu harus tonton. Kisah romantika dan persahabatannya sangat bagus dan natural layaknya anak SMA. Karakter Sawako yang lugu dan mirip dengan sadako bisa membuat kamu tertawa.

Kimi Ni Todoke ini lebih kental dengan nuansa romansanya
Gambar 2.1 Kimi Todoke At School
Kimi Ni Todoke ini lebih kental dengan nuansa romansanya
Gambar 2.2 Kazehaya dan Sawako
  1. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai

Anime Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai ini biasa dikenal dengan Anohana. Buat kamu yang ingin tahu ceritanya yuk langsung saja sima sinopsisnya.

  • Sinopsis Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai

Anime ini menceritakan tentang seorang gadis, Meiko Honma (dipanggil Menma), yang telah lama meninggal namun roh nya masih gentayangan. Akan tetapi, roh tersebut hanya dapat dilihat oleh Jinta Yadomi. Menma sendiri tidak tahu mengapa dirinya masih gentayangan di dunia. Menma merasa bahwa masih ada satu hal yang harus dikerjakan dirinya di dunia. Jinta pun berniat untuk menemukan hal tersebut agar Menma dapat beristarahat dengan tenang. Untuk memenuhi keinginan Menma, Jinta harus mempersatukan kembali keempat sahabat masa kecil mereka, Naruko Anjou, Chiriko Tsurumi, Atsumu Matsuyuki, dan Tetsudo Hisakawa. Di saat mereka berkumpul, akhirnya satu per satu mengungkapkan kesalahan dan dosa yang mereka sembunyikan selama ini pada waktu Menma meninggal. Setelah mengungkapkan perasaan mereka akhirnya persahabatan yang sempat hancur kini kembali bersatu.

Anime ini wajib kamu tonton karena alur ceritanya tidak tertebak dan endingnya bagus banget. Meskipun di awal episode lambat namun setelah kamu nonton beberapa episode lainnya kamu akan mengerti arti sebuah perasaan yang selama ini terpendam dan tidak sempat disampaikan kepada orang yang kamu inginkan.

Anime Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai ini biasa dikenal dengan Anohana. Anime ini menceritakan tentang seorang gadis, Meiko Honma (dipanggil Menma), yang telah lama meninggal namun roh nya masih gentayangan.
Gambar 3. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai
  1. Clannad

Anime Clannad ini diadaptasi bukan dari manga melainkan visual novel. Berbeda dengan ketiga anime sebelumnya yang menonjolkan pada kisah persahabatan, anime yang satu ini lebih menonjolkan kisah keluarga. Anime ini terdiri dari dua season 2. Dan season yang paling mengharu biru adalah season keduanya, yaitu Clannad After Story. Jangan bilang kamu pecinta anime slice of life kalau belum menonton anime yang satu ini.

Gambar 4. Clannad
  • Sinopsis Clannad

Clannad menceritakan tentang seorang siswa bernama Tomoya Okazaki yang tidak menyukai kehidupannya. Setiap harinya Tomoya hanya bermalas-malasan dan bolos dari sekolah. Hingga suatu hari ia bertemu dengan seorang siswi bernama Nagisa Furukawa, gadis pemalu dan selalu membutuhkan orang-orang di sekitarnya untuk mendukungnya. Singkat cerita pertemuan Tomoya dengan Nagisa membuat kehidupan Tomoya berubah drastis. Tomoya menemukan tujuan hidupnya, yaitu mendukung dan membahagiakan Nagisa. Meskipun Tomoya tahu bahwa Nagisa sakit-sakitan, Tomoya tetap menerima Nagisa apa adanya. Hingga akhirnya Tomoya memutuskan untuk menikahi Nagisa. Pernikahan Tomoya dengan Nagisa melahirkan seorang gadis cilik bernama Ushio. Tomoya sangat bahagia dapat memiliki seorang putri. Namun kebahagiaan Tomoya sirna saat ia harus kehilangan Nagisa. Nagisa meninggal setelah melahirkan Ushio karena kondisinya yang lemah. Kematian Nagisa memberikan luka yang mendalam bagi Tomoya. Tomoya sangat depresi hingga ia kembali mengabaikan hidupnya bahkan ia pun mengabaikan putrinya, Ushio. Ushio yang selalu mencoba untuk mengetuk hati ayahnya malah selalu mendapatkan omelan darinya. Hingga suatu hari, Tomoya menyesali perbuatannya. Dan di saat ia ingin benar-benar merawat Ushio ternyata Ushio menderita penyakit yang sama dengan Nagisa. Tidak lama Ushio pun meninggal di dalam pelukan ayahnya.

Anime ini banyak mengandung nilai-nilai moral yang baik. Adegan-adegan mengharukan juga banyak. Terutama adegan saat Ushio mendapatkan hadiah pertama dari ayahnya dan ia kehilangan hadiah itu. Duhh… Baper deh!!

  1. Angel Beats

Berbeda dengan keempat anime sebelumnya, anime Angel Beats ini dikenal dengan aksi. Awal kamu nonton episode ini kamu pasti mengira bahwa anime ini adalah anime aksi. Namun setelah kamu nonton beberapa episode, kamu akan tahu bahwa semua tokoh telah meninggal dan kini mereka hidup di dunia yang disebut dengan afterlife.

Cerita anime Angel Beats ini berawal dari tokoh utama pria, Yuzuru Otonashi, yang telah meninggal dunia namun ia tidak sadar bahwa dirinya telah meninggal
Gambar 5. Angel Beats
  • Sinopsis Angel Beats

Cerita anime ini berawal dari tokoh utama pria, Yuzuru Otonashi, yang telah meninggal dunia namun ia tidak sadar bahwa dirinya telah meninggal. Setelah mati berkali-kali karena dibunuh oleh Tachibana dan kemudian hidup lagi akhirnya Otonashi sadar bahwa dirinya telah meninggal. Akan tetapi Otonashi kehilangan ingatannya tentang bagaimana ia meninggal. Tachibana yang mencoba mencegah Otonashi mendapatkan kembali ingatannya malah dikira sebagai malaikat pencabut nyawa oleh Otonashi dan teman-teman lainnya. Setelah menjalani pertempuran sengit dengan Tachibana, Otonashi mengetahui maksud sebenarnya dari Tachibana. Namun demikian keputusan Otonashi berkebalikan dengan Tachibana. Setelah mendapatkan ingatannya kembali, Otonashi berniat untuk membantu teman-temannya reinkarnasi, Yuri Nakamura.

Nah, itu dia 5List Anime Slice Of Life pilihan DeveNews.Com, SO, buruan yang belum tonton harus tonton ya !

[Hawabu]