Alasan Takut Menikah
Alasan Takut Menikah

DeveNews.Com – Jakarta. Sebuah pernikahan tentunya adalah hal-hal yang paling ditunggu dalam sebuah kehidupan terutama untuk para wanita. Bertemu dengan soulmate dan ingin menghabiskan sisa hidup dengan orang yang dicintai adalah impian besar setiap wanita. Tapi, tidak jarang banyak pula baik wanita maupun pria yang masih ‘takut” untuk menikah dan terikat seumur hidup dengan seseorang.  Berikut Alasan Orang Takut Menikah Dilansir dari berbagai sumber .

  1. Khawatir “Kebebasan” – nya Tidak Seperti Dulu

Well. Walau orang berpikir setelah menikah kebebasan masih bisa dinikmati, tapi tidak semua orang berpendapat sama. Sebagian berpikir bahwa sulit untuk balance antara kehidupan bebas dengan ketika sudah berumah tangga. Bagi Sebagian orang masih khawatir betapa sulitnya menjaga stabilitas kehidupannya sendiri jika sudah bersama-sama dengan pasangan hidupnya.

Walaupun sebenarnya hal ini tergantung dari kerjasama antara pasangan dalam menjaga kebebasan mereka baik dari segi waktu saat bekerja , saat bersama teman-teman maupun saat ‘Me Time’ dan saat bisa menghabiskan quality time bersama-sama.

  1. Takut Di Selingkuhi Karena Percintaan Orang-orang Terdekat yang Kandas

Takut diselingkuhin dan menjadi hancur karena perselingkuhan, tak jarang ini terjadi di sekitar kita. Terkadang hidup seseorang bisa hancur hanya karena sebuah pernikahan yang gagal dan ini menjadi alasan yang cukup menghantui saat memikirkan pernikahan, meski berpikir hal tersebut tidak akan terjadi dipernikahan kita tapi sebagian orang tetap membayangkan kemungkinan itu selalu ada dan memang perselingkuhan tidak bisa dipungkiri sangat sering terjadi.

Well, tak satupun dari kita yang bisa mencintai dan dicintai tanpa kemungkinan kehilangan, but there’s a difference between knowledge and terror. Teror yang terus menghantui pikiran sebaiknya cepat diatasi, kalau tidak anda tidak akan bisa cukup dekat dengan seseorang dalam mempertimbangkan menjalin hubungan yang serius seperti pernikahan.

Seorang therapis Lori Gottlieb menyatakan tipikal pemikiran seperti ini terkadang adalah pemikiran secara personal bahwa ketakutannya sebenarnya bukanlah sebuah pernikahan, tetapi pemikiran bahwa dirinya bukanlah seseorang yang cukup baik untuk bisa menjaga cinta dari seseorang dalam waktu yang lama. So, ancaman yang ada dalam pikiran mereka adalah sebuah “penolakan”  pernikahan, bukan untuk menghindari pernikahan

  1. Mengidap Gamophobia

Orang yang mengidap Gamophobia yaitu Orang tersebut secara khusus takut untuk menikah yang menyiratkan akan menghabiskan seluruh hidup dengan satu orang. Namun Gamophobia lebih ekstrim karena Ketakutan seseorang yang gamofobik akan pernikahan mirip dengan ketakutan akan kematian. Seseorang yang gamophobia mungkin tetap menjalin hubungan dengan orang lain, tetapi menjadi gugup salah tingkah jika topik pernikahan mulai muncul. Fobia ini sama sekali berbeda dari Anuptaphobia (takut menjadi lajang) dan Philophobia (takut jatuh cinta).

Berhentilah melihat pernikahan sebagai musuh, Anda harus mengakui bahwa Anda tidak terlalu takut bahwa pernikahan akan menjadi membosankan dan melelahkan daripada bahwa Anda akan menjadi membosankan dan melelahkan bagi orang yang Anda cintai.

[Lizzie]