Ilustrasi Quarter Life Crisis: Pexels.com
Ilustrasi Quarter Life Crisis: Pexels.com

DeveNews.Com. Banyak yang mungkin telah mengalami quarter life crisis, tetapi belum mengetahui istilah apa yang tepat untuk hal tersebut. Yup, Menurut Robin dan Winler, Quarter Life Crisis secara umum adalah Suatu reaksi yang intens dari individu yang baru saja meninggalkan rasa ‘nyaman’ yang ia peroleh dari pendidikan tinggi yang dijalani dan harus menghadapi realita sesungguhnya dimana didalamnya terdapat ketidakstabilan, perubahan yang terus menerus terjadi, alternatif pilihan yang terlalu banyak serta kepanikan karena perasaan tidak berdaya.

  • Quarter Life Crisis dalam Konteks New Normal

Umumnya yang menghadapi krisis tersebut adalah orang yang berada dalam rentang usia 20an.Namun bila dikaitkan dengan konteks New Normal saat ini, tidak hanya usia 20an saja yang mengalami ‘krisis’, hampir seluruh manusia yang memang berada dalam kategori aktif, rentan mengalami ‘krisis’. Mari bersama-sama kita lihat ‘krisis’ ini dengan kacamata kekinian, yaitu bagaimana cara kita menyiapkan diri untuk siap menghadapi situasi yang asing/bahkan tidak pernah terbayangkan bagi kita sebelumnya.

Tidak sedikit usaha yang gulung tikar, karyawan yang terpaksa dirumahkan, karyawan yang sebagian besar gajinya terpaksa dipangkas. Rasa cemas bertebaran dimana-mana, apalagi dengan situasi atau Kondisi social distancing, meminimalisir zona interaksi dan intimasi. Bagaimana dengan para pelajar? Tentu saja mereka tetap harus Belajar, dan para guru pun harus pintar-pintar menciptakan sistem pembelajaran yang dapat diakses dimanapun kapanpun.

Setidaknya ada 3 hal yang perlu kita sadari dalam situasi ini, yaitu

  • Menganggap ‘social distancing’ bukan sebagai lelucon atau juga menanggapinya dengan pemikiran negatif, Peraturan social distancing ini dibuat guna keamanan bersama,
  • Tetap menjaga produktifitas kerja, bukan memaksa diri untuk menaikkan produksi (skala), tapi menetapkan kualitas yang tepat dan tetap, sehingga bisnis/usaha/pekerjaan Anda akan tetap ‘survive’,
  • Sadari bahwa selalu ada kesempatan baru di balik hal yang berubah, akan ada kesempatan baru bagi Anda. New Challenge, New Opportunity.

 

  • Cara Menghadapi Kecemasan Menghadapi New Normal

Apakah Anda termasuk orang yang merasa gundah dalam menghadapi New Normal? Apabila Anda menjawab ‘Ya’ hal itu merupakan suatu jawaban yang dianggap wajar. Namun hal ini akan menghambat diri ke depannya, apabila terus menerus berada dalam keadaan yang sama. Temukan akar kecemasan Anda dan bersiap menghadapi kesempatan baru dengan mengasah kekuatan Anda.

Banyak online training yang bisa anda temukan sebagai platform yang bisa di andalkan disaat anda memerlukan soulusi, salah satunya adalah Update Digita.

  • Apa Itu Update Digita?

Platform berbasis website ini akan memberikan banyak referensi untuk kebutuhan anda baik sebagai individual, enterpreneur hingga corporate.

Update Digita adalah salah satu platform online training terbaru yang akan mengajak Anda untuk Mengenali realita baru, mengajak Anda berdamai dengan situasi, sehingga Anda dapat menemukan akar kecemasan Anda dan membuat Anda kembali siap menghadapi masa depan dengan mengembangkan potensi yang Anda miliki.