Obesitas Percepat Penuaan Otak?
impella.com

DeveNews.Com-Jakarta. Pernahkah kamu merasa semakin bertambah usia, maka semakin mudah berat badan naik dan kesulitan untuk menjaga bentuk tubuh ideal? Faktanya, ketika bertambah usia, maka tubuh dan organ vital di dalamnya juga mengalami penuaan secara perlahan, sehingga tidak dapat bekerja dengan optimal. Fakta ini juga ternyata terjadi pada mereka yang berusia muda namun menderita obesitas. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa mereka yang memiliki berat badan diatas anjuran rata-rata memiliki resiko lebih besar mengalami penuaan dini pada otak.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti asal Miller School of Medicine di Florida, AS, dan diterbitkan dalam jurnal Neurology, mengungkapkan bahwa massa indeks tubuh memiliki korelasi dengan kemampuan kognitif seseorang, dan ketika seseorang mengalami obesitas maka korteks serebral pada otak akan menipis. Hal ini akan memicu gangguan kognitif pada seseorang dan meningkatkan resiko dementia pada usia dini.

Studi yang dilakukan terhadap 1.289 partisipan berusia rata-rata 64 tahun ini menyatakan bahwa seseorang dengan pinggul dan massa tubuh yang lebih besar mengalami percerpatan penipisan area korteks pada otak. “Area korteks yang menipis juga akan menggangu fokus serta kemampuan seseorang untuk mengingat dengan baik,” jelas Tatjana Rundek selaku salah satu peneliti. “Menurunkan berat badan kembali ideal dapat menjadi solusi bagi para dewasa untuk mencegah penuaan dini pada otak.”

[Bella Setiawati]