DeveNews.Com – Jakarta. Faktanya, pakai maskara setiap hari dapat melukai kelopak mata, yang dapat berujung pada infeksi bola mata. Kelopak mata kita terdiri dari tiga kelenjar, yakni kelenjar air mata, lendir dan minyak. Diantara ketiga kelenjar ini, kelenjar minyak memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan mata. Namun ketika kelenjar ini tidak dapat menyerap air disekitar mata dengan efektif maka mata akan mudah kering. Inilah mengapa kita seringkali merasa mata kita kering namun tetap berair disaat bersamaan. “Apa yang terjadi adalah kelenjar tersebut tidak memiliki cukup minyak untuk menyerap air,” jelas James Chelnis MD selaku ahli bedah plastik akulofasial dari New York Eye Infirmary.

Maskara yang diaplikasikan pada bulu mata dapat menyumbat pori-pori pada mata, sehingga produksi minyak akan terbatas. Ketika maskara tidak dibersihkan dalam waktu lama, maka area mata akan kesulitan memproduksi minyak. Ketika hal ini terjadi, tidak hanya mata menjadi kering, namun juga dapat menyebabkan inflamasi pada kelopak mata. “Bahan kimia yang menempel pada bulu mata dapat mengiritasi serta melemahkan pertumbuhan bulu mata itu sendiri. Terutama maskara tahan air yang sulit dibersihkan, hal tersebut akan membuat bulu mata mudah rontok,” tambah Dr. Mona Gohara selaku ahli dermatologis.

Membersihkan maskara dengan gerakan yang kasar dapat membuat bulu mata menjadi rapuh dan mudah lepas. Bulu mata sendiri memiliki peran penting untuk melindungi mata kita dari debu serta partikel halus tak kasat mata. Semakin sedikit bulu mata yang menempel pada kelopak mata, maka semakin tinggi juga kemungkinan mata kita mudah terpapar partikel tersebut dari luar. “Kita harus selalu rajin untuk menghapus maskara sesegera mungkin setelah sampai dirumah untuk meminimalisir iritasi dan inflamasi,” jelas Dr. Barr.

Membersihkan makeup pada wajah nyatanya jauh lebih mudah dibanding membersihkan maskara yang menempel pada bulu mata, tidak heran resiko tercabutnya bulu mata saat proses pembersihan akan semakin besar. “Pastikan kamu membersihkan area mata dengan gerakan lembut dan perlahan. Pastikan juga untuk menggunakan bahan-bahan pembersih mata yang mengandung minyak, seperti olive oil  dan lain sebagainya agar maskara lebih mudah luntur,” tutupnya.

[Bella Setiawati]