POLA MAKAN SEHAT
static9.net.au

DeveNews.Com-Jakarta. Buah dan sayuran terkenal akan kandungannya yang menyehatkan dan dapat mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit, termasuk atasi depresi. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE menunjukkan bahwa rutin mengkonsumsi buah dan sayur dapat membantu dewasa muda yang terkena gangguan mental seperti depresi untuk sembuh.

Tim meneliti efek dari pola makan 76 partisipan dewasa berusia 17 hingga 35 tahun. Studi yang diberi nama SMILE Trial ini berfokus pada para dewasa muda yang didiagnosa menderita gejala depresi dan mengkonsumsi makanan mengandung lemak jenuh seperti fast food dan gula buatan setiap harinya.

Penelitian terbagi menjadi beberapa grup, yakni grup dengan anjuran pola makan untuk memperbaiki diet mereka, dan grup yang tidak mendapat anjuran pola makan dan nutrisi. Diakhir penelitian, grup yang mendapatkan anjuran nutrisi memiliki mood yang meningkat secara positif setiap harinya, sedangkan grup partisipan yang tidak menerima anjuran memiliki level depresi yang sama setiap harinya.

“Penemuan ini menyimpulkan bahwa memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat adalah kunci utama dalam atasi depresi dan berbagai gangguan kesehatan mental lainnya,” jelas Heather Francis selaku penulis dan neuro-psikologis dari Macquarie University asal Sydney. Menurutnya, mengkonsumsi buah dan sayur berpotensi untuk menurunkan inflamasi pada tubuh, yakni sebuah kondisi yang diakibatkan oleh pola makan yang buruk dan dapat meningkatkan resiko depresi pada seseorang.

[Bella Setiawati]