Sumber : factorymedia.com

DeveNews.com-Jakarta. If you want a good night’s sleep, you need to lay the groundwork from the moment you wake up. Dilansir dari laman lifehack.org, kegiatan yang kamu lakukan mulai dari pagi hari hingga malam hari menjadi faktor utama penentu kualitas tidur kamu. Untuk mengoptimalkan tidur agar semakin nyenyak dan berkualitas, yuk simak beberapa cara berikut and start waking up feeling more energetic every morning !

1. Produktif di Pagi Hari

No more alarm snoozing. Begitu alarm berbunyi, kamu harus segera bangun, karena menggunakan fitur snooze pada alarm akan menyebabkan  efek bingung pada tubuh kamu. Bangun secara teratur juga membantu tubuh menciptakan alarm secara alami dan secara otomatis kamu akan mendapat regular sleep and wake pattern yang akan memudahkan kamu untuk tidur di malam hari. Ada baiknya kamu menghindari konsumsi kopi di pagi hari karena level kortisol dan energi di dalam tubuh belum stabil. Sebaiknya kamu mengkonsumsi sarapan sehat yang kaya protein dan karbohidrat untuk membantu menstabilkan kerja jantung di pagi hari.

2. Keep The Momentum Going In The Afternoon

Pilih menu makan siang yang tidak banyak mengandung karbohidrat, karena karbohidrat berlebih dapat membuat tubuh mengantuk dan mengganggu siklus tidur kamu di malam hari. Banyak makanan rendah karbohidrat mengeyangkan yang dapat menjadi menu makan siang kamu seperti smoothies, salad, yoghurt dan sup. Jika kamu memang terbiasa untuk istirahat pada siang hari, lakukan dalam jangka waktu yang singkat. Avoid snacking during afternoon, because doing so triggers your body into setting itself up for action rather than rest in the evening.

Sumber : siamdara.com

3. Persiapkan Diri Sebelum Tidur di Malam Hari

Kunci utamanya adalah kamu harus dapat membaisakan diri tidur secara teratur pada waktu yang telah ditentukan untuk menjaga ritme jantung tetap stabil. Hindari konsumsi makanan dengan lemak jenuh berlebih pada malam hari karena riset membuktikan bahwa lemak jenuh berpengaruh dalam siklus bangun dan tidur kamu. Meditasi sebelum tidur sangat dianjurkan agar tubuh dan pikiran semakin rileks sehingga kamu dapat memperoleh kualitas tidur yang baik. Pastikan juga suhu ruangan kamar tidak terlalu panas / dingin agar kamu semakin mudah terlelap.

4. Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Posisi tidur juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas tidur kamu di malam hari. Tidur dengan tubuh menghadap ke kiri dapat membawa banyak manfaat pada jantung, punggung dan sistem pencernaan. Selain itu, pakaian tidur juga berperan penting dalam menentukan lelap atau tidaknya tidur kamu di malam hari. Para ahli menyarankan untuk mencoba naked sleeping atau tidur tanpa busana karena ditengarai dapat membawa banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh ketika kamu terlelap, seperti meningkatnya sistem imun tubuh terhadap penyakit kulit dan melancarkan sistem peredaran darah.

Tidur cukup baik untuk kesehatan loh![][Bella Setiawati]]