Mental Health
Illustration - Pexels.com

DeveNews.Com- Jakarta. Bagaimana cara penyedia kesehatan mental mendiagnosis kondisi kesehatan mental? Untuk menentukan apakah Anda memiliki kondisi kesehatan mental, penyedia kesehatan mental akan bekerja dengan Anda dan orang yang Anda cintai untuk menilai gejala Anda, termasuk saat kapan di mulai dan bagaimana mereka telah mempengaruhi hidup Anda.

Penyedia kesehatan mental Anda cenderung bertanya tentang:

• Persepsi Anda.

Seberapa besar tanda dan gejala Anda memengaruhi aktivitas harian Anda dapat membantu menentukan apa yang normal bagi Anda. Misalnya, Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak dapat mengatasi dengan baik atau bahwa Anda tidak ingin melakukan hal-hal yang dulu Anda sukai. Anda mungkin merasa sedih, putus asa atau putus asa.Jika kesedihan Anda memiliki penyebab spesifik, seperti perceraian, perasaan Anda bisa menjadi reaksi sementara yang normal. Namun, jika Anda memiliki gejala yang parah atau tidak hilang, Anda bisa mengalami depresi. Anda mungkin juga perlu menjalani pemeriksaan fisik untuk mengesampingkan kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Mental Health
Illustration – Pexels.com

• Persepsi orang lain.

Persepsi Anda sendiri mungkin tidak memberi Anda gambaran yang akurat tentang perilaku, pikiran, atau kemampuan Anda. Orang lain dalam hidup Anda dapat membantu Anda memahami apakah perilaku Anda normal atau sehat.Misalnya, jika Anda memiliki gangguan bipolar, Anda mungkin berpikir bahwa perubahan suasana hati Anda hanyalah bagian dari pasang surut kehidupan. Namun, pikiran dan tindakan Anda mungkin tampak tidak normal bagi orang lain atau menyebabkan masalah di tempat kerja, dalam hubungan, atau di area lain kehidupan Anda.

Mental Health Illustration'
Mental Health Illustration – Pexels.com
  •  Kapan evaluasi atau perawatan diperlukan?

Setiap kondisi kesehatan mental memiliki tanda dan gejala sendiri. Namun, secara umum, bantuan profesional mungkin diperlukan jika Anda mengalami:

• Perubahan kepribadian yang mencolok, pola makan atau tidur

• Ketidakmampuan untuk mengatasi masalah atau kegiatan sehari-hari

• Gagasan aneh atau muluk

• Kecemasan berlebihan

• Depresi atau apatis yang berkepanjangan

• Berpikir atau berbicara tentang bunuh diri

• Penyalahgunaan zat

• Perubahan suasana hati yang ekstrem atau kemarahan yang berlebihan, permusuhan atau perilaku kekerasan

Banyak orang yang memiliki kondisi kesehatan mental menganggap tanda dan gejala mereka sebagai bagian dari kehidupan normal atau menghindari perawatan karena malu atau takut.

Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan mental Anda, jangan ragu mencari nasihat.Konsultasikan dengan dokter keluarga Anda atau buat janji temu dengan konselor atau psikolog. Dengan dukungan yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi kondisi kesehatan mental dan mengeksplorasi opsi perawatan, seperti obat-obatan atau konseling.

[F.A.I]