Cara tidur Nyenyak Seperti bayi
Pexels.Com

DeveNews.Com – Jakarta. Bagaimana Cara Tidur Nyenyak Seperti Bayi? Tidur yang nyenyak seharusnya mudah, namun bagi pengidap insomnia, coba Ikuti tips ini yang bisa membuat anda akan segera tertidur.Di satu sisi, ada orang-orang yang hanya membaringkan kepala mereka dibantal dan langsung bisa tertidur nyenyak, tapi ada juga yang harus , dan ada juga yang harus bolak balik bantal dulu selama berjam-jam untuk bisa tidur.

Menurut survey, sekitar sepertiga dari kita berjuang untuk tidur nyenyak. Dan kabar buruknya,  adanya peningkatan jumlah anak-anak yang perlu dibawa ke rumah sakit karena gangguan tidur.Untuk anak di bawah 16 tahun telah meningkat sebesar 44 persen dalam lima tahun terakhir, yang oleh para ahli hal tersebut dikarenakan oleh masalah kesehatan mental, media sosial, dan obesitas.

Jangka panjang, konsekuensi klinis dari gangguan tidur yang tidak diobati bisa sangat serius, dan terkait dengan berbagai penyakit serius itu juga termasuk dengan tekanan darah tinggi, stroke, dan depresi.

Untuk memperbaiki kebiasaan tidur kita mendapatkan manfaat besar bagi produktivitas dan kemampuan untuk lebih fokus di sekolah atau bekerja.Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak? Di sini Anandi The Sleep Guru memberikan tips terbaiknya, yuk disimak.

  • Periksakan Hormon Anda

Tanyakan  kepada dokter Anda tentang tes melatonin.Kadar melatonin yang rendah dikaitkan dengan depresi dan percepatan proses penuaan tubuh. Sebuah tes akan menginformasikan jika hormon tidur Anda bekerja dengan baik.

Seberapa baik Anda menyerap dan mengeluarkan melatonin dapat dipengaruhi oleh seberapa lambatnya Anda tidur, oleh cahaya buatan dan oleh perubahan musim.

Jika Anda merasa kekurangan, cobalah bernafas dalam, meditasi, mematikan perangkat listrik dan tidur dan bangun lebih awal,  ini semua akan bisa membantu.

  • Cobalah Bersenandung

Bersenandung menciptakan getaran penyembuhan yang dalam. Ini menenangkan pikiran dan sistem saraf, dan membantu tubuh membuat melatonin dapat merangsang tidur. Tutup mulut Anda, tarik napas melalui hidung dan buang napas dengan bersenandung.

  • Pijat Rahang Anda

Orang yang sulit tidur sering menggertakkan gigi. Ini membuat otot rahang sangat kencang, menciptakan stres di tubuh. Untuk mengatasi ini, temukan sudut tulang rahang Anda dengan jari tengah dan gerakkan jari dalam gerakan melingkar sedalam mungkin. Lakukan ini selama 30 detik lima kali sehari.

  • ‘Surrender’ Your Breath

Banyak orang bernafas dangkal, yang meningkatkan detak jantung dan tekanan darah Anda dan membuat tidur nyenyak menjadi sulit.

Anandi menyarankan berbaring telentang dan mempraktikkan surrendered breath’. Saat Anda ‘mencoba’ bernafas, ada ketegangan tertentu di tubuh, sehingga tulang rusuk Anda tegang dan Anda tidak bisa melebarkannya. Ketika tubuh Anda benar-benar rileks, Anda membuat ruang lebih banyak di tubuh Anda untuk bernapas.

  • Buat Pose Yoga Selama 10 menit

Viparita karani, atau pose kaki-ke-dinding, adalah posisi yoga restoratif yang dapat dilakukan siapa saja, dan obat tidur alami yang sangat baik. Bahkan bisa bermanfaat jika Anda bangun di malam hari.Gerakan ini meregangkan dan mengurangi rasa lelah di bagian belakang tungkai dan kaki.Gunakan itu sebagai bagian dari rutinitas Anda untuk bersantai sebelum tidur. Matikan teknologi, kenakan piyama dan nyalakan lilin, lalu berbaring telentang, rata di lantai dengan kaki lurus ke dinding. Buka lengan Anda ke samping dan buang napas.

Tahan pose ini selama 10 menit untuk benar-benar merilekskan sistem Anda.

  • Makanlah Buah Ceri dan Kurma

Bentuk alami melatonin dapat ditemukan pada kurma, ceri Montmorency (sejenis ceri asam) dan anggur, sedangkan pisang, oatmeal, dan susu akan meningkatkan produksinya dalam tubuh.

Untuk lebih membantu tubuh Anda membuat melatonin sendiri, tidurlah secara alami dan suplemen yang mengandung magnesium untuk membantu menenangkan sistem saraf (Perlu bicarakan dengan dokter anda)

  • Tertawa

Luangkan waktu untuk menonton komedi favorit Anda. Tertawa mengedepankan oksitosin, hormon bahagia lainnya, yang membantu Anda rileks dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Pergi Keluar Setiap Hari

Kita membutuhkan cahaya alami untuk meningkatkan produksi serotonin dan melatonin, dan cara tercepat untuk mendapatkannya adalah pergi keluar. Jika Anda banyak berjalan, otak Anda akan menjadi santai, membuat Anda lebih kreatif dan membumi.

Have a sleep tighy , ladies !

[Siana]