Banyak Garam
Sumber : pixel.nymag.com

DeveNews.com – Jakarta. Garam pastinya menjadi salah satu bumbu dasar yang ditambahkan pada masakan agar cita rasanya semakin nikmat dan tidak hambar. Rasa asin yang gurih juga menjadi salah satu alasan mengapa kita kerap kali melebihkan takaran banyak garam atau sedikitnya dalam masakan kita agar semakin berasa.

Namun dibalik kenikmatan rasa makanan, mengkonsumsi makanan terlalu asin juga ternyata berbahaya bagi kesehatan lho karena dapat menaikkan resiko darah tinggi hingga berkali-kali lipat. Dilansir dari medicaldialy.com, berikut 4 tanda untuk mengetahui apakah kamu perlu mengurangi konsumsi makanan asin mulai sekarang !

1. Makanan Mudah Terasa Hambar

Jika kamu mulai sering mudah merasa hambar terutama ketika makan, maka bisa jadi kamu sudah mengkonsumsi terlalu banyak garam sehingga lidahmu kurang bisa merasakan bumbu lainnya. Menurut Gazzinaga Moloo, mayoritas individu akan lebih sering menambahkan garam pada makanan mereka dibanding bumbu lainnya karena rasa gurih yang diciptakan. Tapi penambahan yang berlebihan akan berdampak pada indera pengecap seseorang sehingga semakin lama, kamu akan menambahkan lebih banyak garam untuk membuat makanan terasa tidak hambar.

2. Tubuh Terasa Membengkak

Pernah merasa tiba-tiba berat badan bertambah ? Mengkonsumsi sodium secara berlebihan bisa membuat seseorang merasakan tubuhnya membengkak atau bertambah berat karena adanya retensi cairan dalam jaringan tubuh. “Garam bertindak sebagai magnet air sehingga cairan di dalam tubuh tertahan karenanya,” jelas Bonnie Taubdix selaku founder dari Better Than Dieting. Cairan yang terhalang inilah yang kemudian akan membuat tubuh seseorang terasa membengkak.

Baca Juga : https://www.devenews.com/ini-dampak-negatif-terlalu-banyak-tidur/

3. Sakit Kepala Tanpa Sebab

Jika kamu sering mengalami sakit kepala secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas, maka bisa jadi asupan garam atau sodium dalam tubuhmu terlalu berlebih. “Kadar garam yang terlalu banyak dalam tubuh dapat membuat pembuluh darah di otak terpaksa melebar, and that will lead you to a painful headache,” jelas Mandy Enright selaku ahli kesehatan dari New Jersey.

4. Frekuensi Buang Air Kecil Yang Semakin Sering

Mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat membuat kita semakin sering ingin buang air kecil. Menurut Dr. Matsuo Tomohiro dalam studinya di tahun 2017, orang-orang berusia lanjut dengan kadar sodium tinggi dalam tubuh akan semakin mudah terbangun untuk buang air kecil di malam hari. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu siklus dan kualitas tidur seseorang. Hasil studinya juga mengungkapkan bahwa dengan mengurangi konsumsi garam hingga 25% per harinya, partisipan mengakui bahwa frekuensi urinasi mereka jauh berkurang. [][Bella Setiawati]]

Editor : Syarifah Shofi Muhaya