DeveNews.com – Berawal dari keinginan untuk menciptakan ekosistem konstruktif dalam hal pengembangan minat dan pengetahuan terkait dunia karir dari dan untuk pemuda Palu, Bara Asa Project hadir untuk mengaktualisasikan hal tersebut. Bara Asa Project merupakan platform pengembangan soft skill yang berbasis di Kota Palu dengan orientasi pembahasan mengenai pengetahuan seputar persiapan karir bagi pemuda Palu dan menjadi jembatan penghubung bagi pemuda-pemudi inspiratif Kota Palu yang telah mengharumkan Kota Palu agar dapat menebar inspirasi yang lebih luas dan berkelanjutan.

Melalui cita-cita tersebut, Bara Asa Project mengaktualisasikannya dengan menginisiasi program yang disebut Bara Asa Career Development Initiative (CDI). Program ini terbagi menjadi dua fokus kegiatan yakni Career Talkshow yang dilaksanakan pada 16-18 Juli 2021 dan Career Mentorship yang dilaksanakan pada 24 Juli-1 Agustus 2021. Namun karena di tengah situasi pandemi, seluruh rangkaian kegiatan dilakukan melalui Zoom Meeting demi menghindari penyebaran kasus COVID-19. Target peserta adalah pemuda-pemudi Kota Palu usia 18-23 tahun, dengan mengundang narasumber asal Kota Palu yang telah sukses berkiprah di bidang masing-masing.

Bara

Career Talkshow berhasil menggaet 100 peserta dengan menghadirkan 9 (sembilan) pembicara sesuai dengan bidang karir mereka masing-masing diantaranya: Fitrisiana Asri Intjelawara di bidang Broadcasting; Hayady di bidang Startup; Dardi Dinata Arsyad di bidang Non-governmental Organization (NGO); Jesica Porogoi di bidang Consulting; Pipit Irfani Amorrokhman di bidang BUMN; Ikhy Dwizaputra di bidang PNS; Mardiyah di bidang Perbankan; Agung Dermawan di bidang Industri Kreatif; dan Ersyam Kelana Natsir di bidang Legal. Setelah Career Talkshow dilaksanakan, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Career Mentorship namun dengan jumlah peserta yang terbatas yakni sebanyak 25 Mentee agar kegiatan mentoring dapat dilaksanakan dengan lebih efektif berdasarkan indikator kemajuan Mentee melalui proses monitoring dan evaluasi.

Bara asa project

Lima Mentor yang telah dipercayakan pada Career Mentorship ini diantaranya: 1) Mohamad Basir, S.psi., M.psi. yang membawakan materi seputar Personal Branding; 2) Andi R. Ardiansyah yang mengajarkan ragam cara ampuh untuk memaksimalkan waktu di masa-masa universitas dengan mengikuti berbagai aktivitas positif; 3) Mardiyah, ST, AWP, QWP selaku CEO Hannah Homestay yang menjabarkan pengetahuan seputar Financial Planning; 4) Mentary Adhisti yang merupakan alumni Korea Advanced Institute of Science and Technology yang membahas seputar CV, Motivation dan Cover Letter; hingga 5) Abdul Haris selaku HR Officer di Sutan Raja Group yang secara langsung memberikan tips dan trik seputar Work Interview.

Career Mentorship diharapkan menjadi bentuk upaya lebih dekat dalam proses pembelajaran bersama Mentor terpilih dengan materi-materi yang esensial dan harus dipraktekkan secara langsung selama proses Mentorship berjalan melalui ragam tugas yang diberikan. Tugas pada setiap sesi Mentorship juga sangat beragam, mulai dari pembuatan Individual Development Plan, Ikigai, CV, Motivation dan Cover Letter, hingga simulasi Work Interview sebagai bentuk praktik langsung terhadap materi yang telah diberikan. Program ini juga disponsori oleh Gramedia Palu dan didukung penuh oleh: HiUntad, Anakuntad.com, Forum Anak Nosarara Kota Palu, Devenews.com, dan Eduloka.

[Rifly Mubarak]