Susah Tidur
hellosehat.com

DeveNews.Com-Jakarta. Susah tidur atau insomnia di malam hari memang menyebalkan, terutama jika kita harus bangun pagi keesokan harinya. Tidur yang tidak cukup dapat membawa dampak negatif bagi seseorang, baik secara psikis maupun emosional. Kurang tidur juga dapat menurunkan tingkat fokus seseorang di keesokan hari. 

Jika kondisi susah tidur ini terus berlanjut, maka dapat dikatakan seseorang tersebut mengidap insomnia. Insomnia sendiri bisa terjadi karena berbagai hal, umumnya yang berhubungan dengan kesehatan fisik dan mental seseorang seperti depresi, kekhawatiran berlebih hingga osteoporosis. Banyak individu di dunia yang menderita karena kondisi ini, and therefore seek help even without knowing the root cause. Dilansir dari medicaldialy.com, berikut beberapa alasan tidak terduga seseorang dapat mengalami insomnia :

  1. Depresi

Beberapa kondisi mental yang parah seperti depresi dapat menjadi penyebab utama insomnia pada seseorang. Melalui berbagai jenis cobaan dan masalah mental dapat membuat seseorang kesulitan tidur karena banyaknya hal yang dipikirkan. Selain itu, depresi dapat mengganggu kesehatan psiokologis dan psikis seseorang dalam jangka panjang.

  1. Alergi

Alergi seperti hidung tersumbat dan mata merah dapat mengganggu kenyamanan seseorang di malam hari sehingga tidur menjadi terganggu. Menurut sebuah studi terbaru, setidaknya 59% individu di dunia memiliki alergi hidung atau alergi nasal. Alergi tersebut menjadi penyebab utama seseorang kerap kali mengalami kesulitan tidur berkepanjangan di malam hari tanpa disadari. Para ahli merekomendasikan untuk rajin mengganti dan membersihkan seprai serta bantal, sekaligus membersihkan diri di malam hari sebelum tidur.

  1. Kegelisahan (anxiety) dan stress

Studi menunjukkan bahwa kegelisahan berlebih dan stress sangat umum dialami orang dewasa pada masa ini. Kegelisahan dan stress sendiri merupakan salah satu akar penyebab insomnia pada seseorang setiap malamnya.  Susah tidur hingga sulit rileks merupakan beberapa gejala stress dan anxiety pada seseorang.

[Bella Setiawati]