Rifli Mubarak

DeveNews.Com – Rifli Mubarak Berbagi Cerita : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dikenal dengan “Indonesian International Student Mobility Award” (IISMA) memberikan beasiswa pada mahasiswa berprestasi dari seluruh Indonesia.

IISMA merupakan bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang memiliki komitmen dan tujuan untuk memberikan beasiswa penuh selama satu semester bagi mahasiswa S1 di Indonesia dengan menawarkan lebih dari 60 pilihan universitas di luar negeri.

Salah satu penerima beasiswa bergengsi ini adalah Rifli Mubarak, mahasiswa hukum semester 5 di Universitas Hasanuddin. Tak salah lagi, beasiswa ini pastinya sangat memberikan kebanggaan terhadap Rifli beserta orang tua tercinta. Mahasiswa yang dibesarkan di Kota Palu, Sulawesi Tengah ini mengatakan bahwa tentu tak mudah untuk sampai disini, karena tahapan yang dilalui juga cukup berlapis. Setelah melalui beberapa tes yang diselenggarakan pada skala nasional yaitu : 1) Administrative Submission; 2) Essay Submission; 3) Interview, Rifli akhirnya resmi terpilih menjadi 1 dari 18 penerima beasiswa IISMA dengan tujuan University of California, Davis.

Rifli Mubarak
Rifli Mubarak, berpose di laman UC Davis.

Menurut Rifli, saat berbagi perasaannya sebelum keberangkatannya, atmosfer yang dirasakan terasa campur aduk antara rasa gembira untuk menjalani pengalaman luar biasa yang sedang menantinya di California, namun juga berbarengan dengan rasa khawatir karena situasi pandemi saat ini. Tetapi, itu bukan halangan. Berbekal doa, dukungan keluarga dan tentunya protokol kesehatan yang akan selalu dijalankan, Rifli akhirnya berangkat menuju California pada 8 September 2021 bersama teman-teman lainnya yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia.

Rifli Mubarak
Rifli Mubarak – Siap Menjalani Pengalaman di UC Davis

And Finally, Rifli Mubarak has arrived in California. Setiba disana, para mahasiswa melakukan proses orientasi bersama mahasiswa internasional lainnya yang dalam hal ini disebut sebagai Global Study Program (GSP).

Hal menarik yang Rifli sampaikan terkait program ini adalah mata kuliah yang sangatlah heterogen dan bahkan tidak linear dengan program studi yang saat ini jalani di Universitas Hasanuddin. Tentunya ini menjadi sebuah kesempatan berharga bagi Rifli untuk memperluas wawasan dan pengetahuan di luar program studi sebagai bentuk penunjang akademik yang lebih komprehensif.

Foto Seru bersama Teman-teman Internasional

Dengan senang hati, ia menginformasikan mengenai Program studi yang dipilihnya pada GSP ini, antara lain: 1) Nutrition; 2) Dramatic Arts: Presentation, Communication, and Collaboration Skills; 3) Sociology: Industry and Social Change; dan 4) Linguistic: American Voices.

Rifli Mubarak dan Teman-Teman di UC Davis

Alasan  mengambil mata kuliah tersebut yaitu Rifli merasa bahwa pentingnya pemahaman lintas budaya, resiliensi, dan adaptabilitas terhadap hal-hal baru di California. Ia memberi contoh mengenai produk dan makanan yang ada di Amerika rata-rata memiliki ukuran yang besar, lajur jalan yang berbeda dengan Indonesia, sikap maupun etika komunikasi, makanan, suhu udara yang suka berubah-ubah, dan hal unik lainnya yang menjadi penyebab culture shock di awal kedatangan Rifli. Namun, Rifli sangat kagum akan pemandangan alam dan langit biru California yang membuatnya memandang itu semua dengan mata yang berbinar-binar dan penuh semangat.

Rifli Mubarak mengatakan tidak ingin bahwa kesempatan yang luar biasa ini diberikan kepadanya dengan cuma-cuma. Ia merasa ada kepercayaan dari Kemdikbud dan tanggung jawab yang diberikan agar dapat mengharumkan nama Indonesia di lingkup internasional. Ia memiliki ambisi untuk bisa secara aktif dan partisipatif mengambil bagian pada beragam aktivitas di University of California, Davis baik berupa kegiatan publikasi riset ilmiah, diskusi, debat, olahraga, konferensi, dan lain sebagainya.

Pasca program ini, Rifli juga memiliki keinginan yang bulat dan kuat untuk dapat melanjutkan studi S2 di Amerika Serikat baik di University of California, Davis; Stanford University; ataupun Yale University. Hal terpenting adalah apa yang diberikan oleh negara, tentunya tidak ingin Rifli sia-siakan, melainkan menjadi sebuah kesempatan untuk terus bertumbuh dan berkontribusi melalui apa yang bisa dilakukan untuk Indonesia dan terkhusus bagi Kota Palu tercinta.

Wah, keren banget yah. Gud Luck, Rifli.

 

[Liz]