Tempat ISCO FOUNDATION Jl. Anggrek Nelli Murni – Kemanggisan , Jakarta
Tempat ISCO FOUNDATION Jl. Anggrek Nelli Murni – Kemanggisan , Jakarta

DeveNews.Com – Jakarta. ISCO Foundation merupakan Yayasan yang berdiri sejak tahun 1999  bertujuan membimbing dan mengajak anak-anak kurang mampu dan anak-anak jalanan untuk mau belajar dan sekolah dengan baik.

Ruang Rapat Inspirasi Pembimbing ISCO FOUNDATION
Ruang Rapat Inspirasi Pembimbing ISCO FOUNDATION

ISCO Foundation bertempat di jalan Anggrek Nelli Murni, Kemanggisan, Jakarta Barat ini memiliki 40 orang pembimbing yang terdiri atas  tutor yang merupakan pembimbing anak-anak dengan cara mengajar di sanggar-sanggar ISCO dan  Project Officer. Selain mengajar, pembimbing juga memantau perkembangan bakat dan sekolah anak-anak dengan cara datang ke rumah-rumah dan sekolah anak serta memperhatikan absen maupun nilai rapot di sekolah. Dalam menjalankan programnya, ISCO FOUNDATION membimbing 2000 anak jalanan dan kurang mampu.

(Para Pembimbing anak-anak Jalanan dan Kurang Mampu  di ISCO FOUNDATION)
(Para Pembimbing anak-anak Jalanan dan Kurang Mampu di ISCO FOUNDATION)

Setiap tahunnya, ISCO Foundation mengadakan pelatihan kepada para pembimbing agar dapat mengajarkan anak-anak dengan cara yang lebih baik lagi, seperti yang sudah dilakukan pada Kamis, 4 Mei 2017 lalu.  ISCO Foundation mengadakan acara yang berkaitan dengan cara memahami perkembangan Psikologi anak yang berfungsi untuk memberikan arahan kepada pembimbing dalam menghadapi setiap anak-anak bimbingan dengan latar belakang yang berbeda. Acara ini diberi tajuk “Coaching dan Counseling“.  ISCO dalam kegiatan sehari-hari memberikan Coaching dan Counseling kepada anak-anak berdasarkan jadwal, pertama dimulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore untuk kelas TK-SD dan kedua dimulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore untuk kelas SMP serta SMA.

Pembicara - Psikolog  Fani
Pembicara – Psikolog Fani

Melalui wawancara eksklusif bersama Devenews, pembicara dalam acara di ISCO FOUNDATION bernama Fani (psikolog) menyampaikan alasan mengapa diadakan acara Coaching dan Counseling. Fani mengatakan bahwa karena anak-anak  di ISCO FOUNDATION sudah sangat sulit diatasi bentuk tindakannya berdasarkan latar belakang  masalah-masalah pribadi. Di samping itu, banyak anak-anak yang masih SD bahkan TK sudah terlihat bermasalah dan sudah memahami hal-hal diluar dugaan seperti seks dan pembimbing sangat butuh pelatihan untuk memahami cara Coaching dan Counseling untuk melindungi anak-anak.

“Biasanya, adaptasi yang kurang yang menyebabkan anak berpikir penampilan mereka kurang atau merasa sangat lama mengikuti tren sehingga merasa rendah dan anak-anak disini rentan memahami tentang seks sebelum waktunya dan yang terkadang terkait masalah ekonomi yang pasti,” ungkap Fani pada saat menjelaskan masalah yang rentan pada anak

Ketua Program ISCO FOUNDATION  - Leni Triyanawati
Ketua Program ISCO FOUNDATION – Leni Triyanawati

Para pembimbing memiliki alasan tersendiri dalam memahami anak dan selalu memiliki motivasi mendukung dan membimbing anak walaupun sering terjadi hambatan, seperti yang disampaikan oleh Ketua Program, Leni Triyanawati, setelah selesai acara tersebut.  “Motivasi kami karna melihat banyak masalah yang terdapat di sanggar dan sulit untuk teratasi, terlalu rumit dan kompleksnya masalah sehingga butuh Coaching dan Counseling, ingin membantu anak-anak menyelesaikan masalahnya.  Untuk hambatan sering terjadi  misal terkadang anak sulit menceritakan masalahnya, sulit menemukan solusi dan terkadang solusi yang dipilih tidak berkelanjutan,” ujar Leni.

ISCO FOUNDATION mempunyai cara sendiri dalam memenuhi kebutuhan anak – anak jalanan atau kurang mampu seperti dengan memberikan fasilitas ruangan dan tempat, serta melakukan Coaching dan Counseling di saat waktu yang tepat.
dengan fasilitas yang ada Coaching dan Counseling biasanya dihadiri oleh 5 hingga 10 orang anak setiap minggunya. Melalui bimbingan yang diberikan, tentunya akan membuat anak- anak merasa lebih tenang dalam menghadapi masalahnya

Project Officer ISCO FOUNDATION  - Katrin
Project Officer ISCO FOUNDATION – Katrin

Program-program yang dijalankan oleh ISCO FOUNDATION, membuat para pembimbing selalu merasa semangat untuk menyalurkan tenaga dan pikirannya untuk mengajar anak-anak jalanan atau kurang mampu. Selain itu, melalui acara Coaching dan Counseling membuat para pembimbing semakin termotivasi. “Saya merasa lebih mengerti cara melayani anak-anak dan berharap anak-anak ISCO menjadi lebih baik, berkembang dan pintar. Serta bagi teman-teman yang peduli terhadap anak Bangsa mau berpartisipasi dalam mendukung program Coaching dan Counseling di ISCO Foundation,”  tutur Katrin.

Jadi untuk teman – teman yang memiliki kemampuan lebih, yuk segera ikut berbagi bersama teman-teman yang ada di ISCO FOUNDATION! Semoga bisa saling memberikan manfaat.[]

(Reporter: Eka Rini)