4 Tips Temukan Bra yang Tepat
nbcnews.com

DeveNews.Com – Jakarta. Bra adalah salah satu kebutuhan esensial bagi kaum hawa untuk menjaga bentuk payudara, namun riset juga menemukan fakta bahwa kesalahan penggunaan atau pemilihan bra berkontribusi hingga 70% sebagai penyebab utama kanker payudara pada wanita. Beberapa studi juga menyatakan bahwa memakai bra saat tidur dapat mengganggu sistem limfatik pada payudara sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Apparently, most women don’t want to simply go braless. Dilansir dari laman medicaldialy.com, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih bra yang tepat sehingga kesehatan payudara tetap terjaga dengan nyaman!

  1. Pemilihan model bra

Bra memiliki banyak jenis dan desain yang dapat kita pilih sesuai selera serta kebutuhan masing-masing. Namun ternyata, kini kita harus lebih teliti dalam memilih desain model bra yang turut dapat menjaga kesehatan payudara . Pilih model bra yang terbuat dari bahan breathable dan organik seperti katun  atau bamboo. Bahan ini dapat membantu menjaga area dada tetap kering dan nyaman, sehingga mencegah penyerapan racun dari keringat. Pastikan juga untuk mengecek bahan tali dan kawat besi pada bra, karena bahan metal ini beresiko tinggi untuk mengiritasi kulit.

  1. Pilih bra sesuai tipe tubuh

Embrace your body size. Jika kamu memiliki ukuran cup bra yang besar, maka disarankan untuk menggunakan bra dengan tali yang lebih lebar. Sebuah studi menemukan fakta bahwa wanita yang berada dalam masa menopause rentan terhadap sakit punggung karena tidak memakai bra yang tepat sesuai dengan perubahan bentuk tubuh mereka. Oleh karena itu, memilih bra yang sesuai dengan tipe dan ukuran tubuhmu dapat mengurangi resiko sakit punggung, leher dan tulang belakang.

  1. Gunakan bra yang pas

Tali serta penyangga bra harusnya pas untuk digunakan serta tidak menekan payudara. Pastikan juga payudara tidak memiliki ukuran lebih besar dibanding cup bra yang digunakan, serta bra yang sehat seharusnya tidak meninggalkan tanda pada kulit karena hal tersebut menjadi pertanda bahwa ukuran bra yang kamu kenakan tidak tepat. Selalu minta bantuan professional untuk memilih ukuran bra yang tepat.

  1. Hindari penggunaan bra dengan kawat

Menurut para ahli, bra dengan kawat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada payudara. Melepas kawat besi atau menggantinya dengan bahan plastik dapat membantu pembentukan payudara dengan lebih sehat.

[Bella Setiawati]