Bleaching Rambur
forbabs.com

DeveNews.Com-Jakarta.Bleaching rambut bisa jadi salah satu cara yang dipilih jika kamu sudah bosan dengan model dan warna rambut yang gelap. Bleaching kerap kali dipilih jika ingin mendapatkan warna-warna terang pada rambut. Selain dapat mengubah penampilan seseorang secara drastis, ahli penata rambut Robert Dorin dari Dorin Medical Group menyatakan bahwa banyak hal negatif yang bisa dialami seseorang karena ingin menerangkan warna rambutnya hingga ke level ekstrim.

Untuk mendapatkan warna terang yang sempurna, setiap orang harus melalui proses bleaching, yakni proses menghilangkan warna dasar rambut yang cenderung gelap. Produk bleaching umumnya mengandung bahan kimiawi yang keras karena produk ini harus mampu mengangkat kutikel warna rambut terluar, sehingga efek pertama yang akan dirasakan pengguna adalah rambut menjadi sangat kering dan kasar. Robert mengatakan bahwa semakin tinggi level bleaching, maka semakin kering dasn kaku pula efek yang akan dihasilkan pada rambut nantinya.

Robert juga menggaris bawahi bahwa sangat tidak mungkin untuk seseorang memiliki rambut dengan warna terang apabila tidak di bleaching terlebih dahulu, and bleaching comes with a lot of damaging effects. “Jika kamu memiliki warna dasar rambut yang memang sudah terang seperti pirang, maka jumlah bleach yang harus dilakukan hanya sedikit. Namun jika rambutmu cenderung berada pada warna dasar gelap seperti hitam atau coklat maka proses bleaching  harus dilakukan hingga berkali-kali. Sudah bisa dibayangkan dong ya betapa rusaknya rambutmu akibat proses bleaching berulang kali pada rambut dengan semua cairan kimia yang digunakan tersebut,” jelasnya.

Ketika ramut sudah selesai di bleach, faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet dapat merusak rambutmu dengan lebih mudah. Rambut akan semakin mudah kehilangan kelembapan dan nutrisinya. Robert juga menambahkan bahwa rambut yang sudah di bleach akan terlihat seperti bolongan pada spons melalui mikroskop.

Untuk mengatasinya, Robert sangat menyarankan untuk mengeluarkan biaya ekstra bagi perawatan rambut. “Pastikan untuk menggunakan kondisioner, hair mas, vitamin dan spa rambut secara rutin untuk mengembalikan kelembapannya. Hindari penggunaan alat styling  seperti catokan atau pengering rambut terlalu sering. Selain itu,  pastikan kamu menggunakan produk perawatan rambut yang aman dan dapat melindungi warna rambut,” tambah Robert.

[Bella Setiawati]